Berbagi tips dan pengalaman membuat SIM C

Berbagi tips dan pengalaman membuat SIM C – SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau Driving License adalah salah satu dokumen yang menurut saya wajib dimiliki bagi para pengendara kendaraan bermotor, baik itu roda dua ataupun empat. Nah, disini saya akan coba bercerita sekaligus berbagi tips bagaimana cara membuat SIM C tanpa perlu nembak atau lewat calo berdasarkan pengalamn pribadi saya pada saat membuat SIM C di Polres Pemda Bogor Cibinong.

Untuk proses pembuatan SIM ini ada 3 tahap yang harus dilewati, yaitu:


1. Tes kesehatan

Tes kesehatan ini dilakukan satu kali saja dengan biaya Rp. 25.000,- . Nanti akan diberi surat keterangan sehat jika sudah selesai. Setelah tes kesehatan selesai, belilah map kalo tidak salah harganya Rp.2rb, untuk warna map nya saya agak lupa hijau atau biru muda. Lalu simpan surat keterangan sehat beserta fotocopy ktp ke dalam map tersebut dengan di hekter dan dihalaman depannya tulis nama, alamat (tidak perlu lengkap untuk alamat, tulisa saja misal jonggol) dan jenis sim yang ingin dibuat.

2. Tes Praktek

Setelah melakukan tes kesehatan beserta surat keterangan sehat dan fotocopy ktp sudah disiapkan dalam satu map, maka kita bisa langsung ke loket tempat mendaftar uji praktek. Yang kita lakukan disini adalah mengumpulkan map pada poin 1 tadi ke petugas penjaga loket, ditanyakan saja untuk buat sim c baru map nya disimpen ke mana, karena biasanya ada 2 loket yaitu untuk pendaftaran baru dan perpanjangan sim.

Setelah map dikumpulkan, lalu kita tinggal menunggu ditempat peserta uji praktek sim tersebut, nanti jika sudah giliran tes praktek akan langsung dipanggil namanya.

Untuk uji praktek ini ada 3 rintangan yang perlu dilewati, yaitu:
– Lintasan berbentuk huruf U
– Lintasan zig zag
– Lintasan berbentuk seperti angka 8

Untuk sepeda motor yang digunakan adalah sepeda motor yang telah disediakan oleh petugas, jadi tidak bisa menggunakan sepeda motor pribadi. Adapun untuk sepeda motornya ada beberapa pilihan yaitu Motor kopling (seingat saya thunder), matic (kalo tidak salah mio dan satu lagi sepertinya x-ride), lalu motor bebek (kalo tidak salah revo).

Untuk prakteknya, kita mulai dari jalur start dan berakhir dijalur finish (ada tulisannya) pada setiap rintangan, kecuali rintangan berbentung angka 8 start dan finish ditempat yang sama. Pada masing-masing rintangan tersebut, kaki tidak boleh sampai menyentuh aspal dan juga jangan sampai menyenggol patok hingga patok tersebut jatuh, jika salah satu hal tersebut terjadi maka harus mengulang prakteknya dari jalur start.

Nah, untuk wanita memiliki 3 kali kesempatan untuk mengulang pada masing-masing rintangan (kalo tidak salah saya lupa) sedangkan untuk pria hanya satu kali kesempatan jika menggunakan motor matic atau bebek, sedangkan jika menggunakan motor kopling 3 kali kesempatan.

Tips yang bisa saya coba bagikan pada saat ujian praktek ini adalah:
– Berdo’alah terlebih dahulu dan jangan lupa sarapan
– Jangan grogi (siapkan mental) karena ditonton banyak orang/peserta lainnya.
– Berlatihlah sebelum mengikuti ujian praktek ini
– Jangan emosian ngendarain motornya, perlahan tapi pasti saja πŸ˜€

Pada ujian praktek ini biasanya untuk peserta yang baru pertama kali mengikuti cukup banyak yang gagal pada lintasan U (rintangan pertama), mungkin karena baru pertamakali dan grogi dilihat banyak orang dan mungkin juga kurang latihan sehingga tidak terbiasa atau mungkin motornya yang belum bersahabat, banyak faktor.

Selanjutnya, jika ketiga rintangan tersebut belum berhasil dilewati dari kesempatan yang telah diberikan, maka kita akan mendapatkan surat TIDAK LULUS dan surat itu jangan sampai hilang karena berlaku untuk proses praktek uji ulang minggu berikutnya, setiap peserta yang belum lulus berhak mengikuti uji ulang praktek ini yaitu selang satu minggu dari ujian praktek sebelumnya, jadi misal kita tes praktek hari senin, maka ngulang lagi hari senin selanjutnya ke tempat yang sama. Cukup mengumpulkan kertas keterangan Tidak Lulus tersebut.

Sebaliknya jika ternyata sudah berhasil melewati ketiga rintangan tersebut, maka akan dipanggil dan diinformasikan bahwa kita lulus dan berhak mengikuti ujian selanjutnya yaitu ujian teori.

3. Tes ujian teori
Setelah berhasil melewati ujian praktek, maka kita akan langsung diminta untuk mengikuti ujian teori. Untuk ujian teori lokasinya berbeda, biasanya hanya berjarak beberapa meter saja dari lokasi praktek. Untuk ujian teori ini soalnya ada 30 pada saat saya melakukan ujian teori (entah mungkin bisa saja berubah) dan terbagi atas 2 kelompok soal yaitu soal A dan B, masing-masing kursi peserta sudah ditandai soal A atau B. Dari ke 30 soal tersebut minimal nilai yang didapat untuk lulus yaitu 70 berarti minimal 21 soal harus benar pada saat saya melakukan tes teori (tidak menutup kemungkinan standar nilai bisa berubah dari waktu ke waktu). Setiap soal diberi waktu 1 menit, tapi 1 menit hitungan cepat. Untuk soalnya tampil dilayar dan untuk menjawabnya kita cukup menekan tombol yang ada dikursi masing-masing peserta, ada 4 tombol yaitu tombol A, B, C, dan reset.

Untuk kisi-kisi soal tes sim c ini yaitu tentang marka jalan, cara berkendara, rambu-rambu lalu lintas, hak pengguna jalan, cara berbelok pada suatu tikungan, arti dari lambang-lambang (seperti simbol petunjutk arah, stop, minimal kecepatan dijalan raya atau perumahan, dan lainnya), maksud dari gerakan polisi lalu lintas (misal menggerakan tangan dari samping kiri ke kanan untuk apa, meniup peluit, dan lainnya), kegunaan bahu jalan, cara pengembalian kupling yang tepat, etika mendahului kendaraan lain. Itu saja yang masih saya ingat untuk kisi-kisi soalnya.

Dari pengalaman saya, dari contoh soal-soal teori sim c yang telah saya coba pelajari di internet hanya sebagian kecil saja yang keluar. Cobalah untuk mengingat-ingat dan pahami masing-masing dari setiap jawaban pada ujian teori berlangsung, karena jawabannya akan muncul di bagian bawah layar untuk setiap soalnya jika waktunya sudah akan selesai. Dan jika pada saat ujian teori pertama belum berhasil, maka kita masih bisa mengikuti ujian teori minggu selanjutnya. Untuk itu usahakan untuk mengingat dan pahami setiap jawaban yang benar pada saat ujian teori sebelumnya jika belum berhasil, karena soal teori ujian berikutnya pun kurang lebih sama. Dan pastikan jika pada saat ujian teori sebelumnya memilih soal A, maka ujian berikutnya juga usahakan mengambil soal A.

Untuk ujian teori ini setiap peserta memiliki kesemptan hingga 4 kali mengulang, jika telah 4 kali mengulang ujian teori belum berhasil juga, maka peserta harus mengulang uji SIM dari awal yaitu dari tes kesehetan dan praktek.

Sebaliknya jika uji teori berhasil lulus, maka selanjutnya tinggal ke loket pembayaran untuk melakukan pembayaran SIM yaitu sebesar Rp. 100.000,- dan nanti tinggal menuju tempat mengisi data-data diri untuk keterangan pada SIM nya lalu mengantri beberapa saat tergantung banyaknya antrian lalu di foto untuk foto profil di kartu SIM . Jika telah sampai ke tahap ini, maka selamaaaaaaaaaat…berarti SIM sudah dalam gengaman πŸ˜€

———————–
Jadi untuk total biaya untuk pembuatan SIM ini adalah:

1. Tes kesehatan @ Rp. 25000,-
2. Biaya pembuatan SIM @ Rp. 100.000,-
3. Beli map sekitar Rp. 2000,- (lupa)

jadi totalnya hanya sekitar Rp. 127ribu saja kurang lebih, mungkin cukup Rp.125.000,- saja jika bawa map dari rumah (ongkos, bensin, dan lainnya diluar itungan ya πŸ˜€ ). Lain halnya jika melalui pihak ketiga (calo/nembak) bisa berkali-kali lipat. Jadi silahkan dipilih lewat calo atau mau usaha sendiri dengan jujur?

Untuk proses ujian teori ini tips yang bisa saya berikan adalah:

– Coba pelajari dahulu contoh-contoh soal ujian SIM C via internet, walaupun hanya sebagain kecil saja yang keluar, tapi lumayanlah untuk tambah-tambah pengetahuan dan poin pada saat ujian teori berlangsung.

– Sebelum ujian dimulai, semua peserta ujian akan diminta untuk mengecek masing-masing tombol untuk menjawab, tombol A, B, C, dan Reset apakah berjalan baik atau tidak. Ini sangat penting sekali, jika memang tombolnya ada yang tidak beres, langsung laporkan ke pengujinya supaya diperbaiki atau ditukar, jangan sampai pas ujian berlangsung ada salah satu tombol yang tidak berfungsi, fatal sekali.

===============

Dari apa yang saya ceritakan diatas, kesimpulannya adalah bersabarlah dalam proses pembuatan SIM ini jika memang ingin jujur dan SIM yang didapatkan bermakna. Jika belum berhasil cobalah lagi dan coba terus, karena pengujipun jika saya perhatikan tidak hanya melihat seberapa pandai kita dalam mengemudikan sepeda motor, namun seberapa besar juga kemauan niat, usaha kita untuk bisa mendapatkan SIM tersebut, insyaallah pasti diberikan kemudahan jika terus mau berusaha mencoba dan sabar, ingat “Man Jadda Wa Jada” siapa yang bersungguh-sungguh, maka dapatlah ia πŸ˜€

Dengan membuat SIM lewat jalur langsung praktek ini (tanpa nembak atau lewat calo) banyak pelajaran/ilmu yang bisa kita dapat, bukan hanya ilmu lalulintas tapi ada ilmu lainnya yang menurut saya kemungkinannya hanya bisa didapatkan melalui ujian SIM ini. Ilmu apa itu? dicoba saja dulu πŸ˜€

Lalu berapa lama waktu yang saya perlukan untuk bisa mendapatkan SIM? jawbannya adalah, tolong jangan kaget ya, kalo mau ketawa silahkan…. 2 bulan hahahaha, ya saya butuh waktu sekitar 2 bulan dan juga yang menyedihkan adalah saya sempat kena tilang dan STNK ditahan padahal baru saja pulang ujian SIM tapi saat itu masih belum berhasil #UringUringanJungkirBalik. Ujian praktek saya 4 kali mengulang, lalu teori 5 kali mengulang. Kok bisa gitu? ya pada saat ujian praktek ke 3 saya lulus, namun pada saat teori saya gagal hingga 4 kali sehingga saya harus mengulang dari awal (tes kesehatan, dan tes praktek lagi). Waktu itu saya ujian teori hari senin, karena gagal 4 kali di teori sehingga harus mengulang lagi dari awal maka saya langsung balik lagi ke polres untuk daftar ulang dan ujian ulang pada esok harinya (selasa), tes kesehatan dan praktek dari awal.

Nah, alhamdulillah pada saat ujian praktek yang ke 4 tersebut saya langsung lulus dan ujian teori yang ke 5 sayapun langsung lulus dengan nilai teori yang cukup bagus, mungkin karena sudah 4 kali mengulang, sehingga sekitar 90% soal-soal teori tersebut sudah nempel di otak saya hahahaha dan juga do’a dari orangtua yang mujarab πŸ˜€ . Lalu pada saat menuju tempat untuk mengisi data diri untuk SIM, saya ditanya oleh seseorang disebelah saya yang juga sedang mengisi data diri untuk SIM nya, “Mas nilai teorinya berapa?” saya jawab “ini mas 90” sambil saya tunjukan kertas hasil ujian teorinya, lalu orang itu nanya lagi “Nembak berapa mas?”, gubrak…pikir saya enak banget nih orang ngomong, langsung saya jawab saja sambil nyengir kuda “Maaf mas saya nggak nembak, tapi saya butuh waktu 2 bulan untuk bisa lulus dan dapetin nilai 90 ini” wkwkwkwkwkwkwkw…puas..puas.

O ya, ada tips lain yang perlu saya beritahu untuk sobat yang ingin membuat SIM, ini sangat-sangat penting sekali, yaitu jangan lupa minta do’a dari Orang Tua, ini sangat mujarab sekali, percaya atau tidak πŸ˜€ .

Sekian, tetap semangat, jujur, dan tetap sabar untuk sobat yang sedang berusaha mendapatkan SIM, bawa enjoy aja πŸ˜€ . Good luck.

130 Replies to “Berbagi tips dan pengalaman membuat SIM C”

    1. Mun ujian praktek gagal, masih bisa ngulang kang minggu hareupna, teu kudu mayar deui, tinggal kumpulkeun kertas TIDAK LULUS na ke loket. Kecuali mun Ujian Teori sampai gagal 4 kali kudu ngulang ti awal (tes kesehatan deui, tes kesehatan mayar 25rban mun seingat saya, terus ngulang tes praktek deui). Sebenernya cuma bayar tes kesehatan & bayar SIM 100rb mun berhasil, teu nepi 130rb mun ditotalkeun mah nyieun SIM teh (bensin, dll teu diitungnya). Kitu kang

  1. peraturan sue emang ,dah 10 th punya sim lengkap,ada peraturan baru telat 1hari perpanjangan…harus di buat lg dari awal…..INI MAH PEMBODOHAN…maaasa di samaain sama anak baru kemaren..ini mah ngempanin preman berseragam…LA IYA LAH LAHAN BASAH BROO….buang-buang waktu.

  2. Wihhh… Butuh perjuangan banget ya… Jadi sebel sama calo calo itu… Aku juga lagi berjuang dg bikin SIM yang ga pake calo. Udah gagal test tulis 1 kali hehe… Semoga…. minggu depan Bisa lulusss….. Doakan akuuu yaaa

  3. ga usah takut brow, jalanin aja…………………. saya praktek gagal 3x, teori gagal 1x, alhamdulillah pnya sim sekarang, yg pnting niat aja brow, orang yang gagal awal, biasa’y sukses diakhir, masa sih ngeremehin diri sendiri, buktikanlah bahwa diri sendiri dapat diandalkan……
    saya teringat teman saya yang pengen nembak, udah lebih dari 3 tahun sampe sekarang, belum jadi jg, katanya…. uang’y sekali kepake sama hal lain….. hahaha…… cuma bisa ketawa saja saya….. padahal udh ga t’hitung saya kasih tau datang aja langsung ke pemda……
    info nih, bagi yg sulit dalam hal waktu bisa daftar online sesuai waktu yg brow-brow inginkan, nih situs’y http://www.daftarsimbogor.com

    1. Seingat saya surat kesehatan berlaku smpai maksimal jumlah gagal yang ditentukan penguji, misal ujian tes teori gagal 4x, nah otomatis kudu daftar ulang deui termasuk tes kesehatan karena maksimal ujian teori 4x seingat saya .

  4. Kang kalau sdh hrs ujian ulang, tp belum sempat datang lg utk ujian praktek dan teori (sim A ulang praktek, sim C ulang teori), apakah hrs ulang lg dari awal semua? Maksimal berapa lama dapat ikut ujian ulang? Nuhun

    1. Saya kurang hafal maksimal jangka waktu berlakunya ujian ulang, tapi seingat saya setelah ujian pertama gagal minggu depannya dihari yang sama kita masih bisa ikut lagi untuk ujian ulang kang, jadi ada jeda waktu seminggu, saya juga dulu begitu, gagal minggu pertama terus lanjut diminggu kedua (continue). Kalau bisa jangan kelamaan ditunda kang, sayang waktunya.

  5. Asalamualaikum kang.
    Makasih bgt infony.sangat bermanfaat.
    Saya mau tanya yg 100.000 itu bayarny klo udah jadi apa belum

    1. Wa’alaikumsalam,

      Yang 100rb itu dibayarkan setelah ujian praktek dan teori dinyatakan lulus kang, jadi nnti stelah ujian teori dinyatakan lulus kita disuruh nunggu antrian, terus nnti dipanggil untuk melakukan pembayaran, nah jangan lupa bawa duit tunai kang, saya dulu pengalaman gak bawa duit tunai karena saya kira bisa pakai debit atm, jadinya saya harus ambil duit dulu, tapi alhamdulillah nya disekitar situ ada atm center.

      Setelah pembayaran dilakukan nnti kita disuruh masuk ke lokasi untuk pengisian data diri untuk sim nya, terus habis itu ngantri seperti biasa, lalu kemudian kita bakal dipainggil untuk di foto dan ttd untuk kartu sim nya, setelah itu kita dipanggil, dan taraaaa… SIM sudah jadi dan bisa dibawa balik Kang hehe, bungah lah pokokna mah kang haha

  6. Kang, punten. Kalo misalnya saya udah tes teori nih, tapi gagal satu kali, jadina minggu hareup teh kudu balik deui ka polres. Eta teh kudu mayar deui teu?

  7. Teu kudu teh nisa, teu kudu mayar deui. Minggu hareupna tinggal datang deui weh terus kumpulkeun surat keterangan Tidak Lulus na ka loket antrian seperti pas mau ujian praktek (loketnya sama). Kecuali kalau teteh ujian Teorinya udah Gagal 4 kali itu harus Ngulang dari Awal (tes kesehatan, ujian praktek) dan Bayar tes kesehatan lagi. Mudah-mudahan ujian teori keduanya langsung lulus teh. πŸ˜€

  8. Alhamdulilah Saya dulu berhasil mendapatkan SIM C hanya dalam 1x ujian teori dan praktek
    Namun karena sekarang telat 5 bulan belum memperpanjang, harus buat SIM baru lagi #PusingModeOn
    ini saya sedang cari2 referensi lagi, soalnya udah lupa πŸ˜€

      1. Setelah 6 kali mengulang akhirnya berhasil juga mendapatkan SIM C. Alhamdulilah.

        1x ujian teori langsung lulus, 3x ujian praktek belum lulus,
        1x ujian teori lulus, 3x ujian praktek baru lulus.

        Kita senasib kang memakan total waktu selama 2 bulan.

    1. Bawa motor boleh kang, tapi motor na disimpen diparkiran hehehe. Tes prakteknya mah ga boleh pake motor pribadi kang. Untuk ujian prakteknya sudah disediakan 3 jenis motor oleh pihak polres yaitu Matic, Bebek dan Kopling (kayanya thunder).

      Good luck!

  9. kang, punten mau nanya..
    Misal saya test hari selasa nih, terus gagal. Itu saya bisa test lagi selasa minggu depannya, atau H+1 test bisa langsung test lagi?
    Nuhun kang

  10. Misi kang sy mau tanya nih, Sbelumnya tes kesehatan kemudian daftar online trus hari kamis kemarin tes teori tapi gagal , trus sy harus dtg lg kamis beriktnya. Trus sya harus daftar online lagi gak ?? Mksih.

    1. Kalau daftar online saya belum pernah, kang. Tapi, seharusnya jika tes teori baru gagal satu kali, maka hari kamis berikutnya bisa langsung ikut tes teori lagi, cukup kumpulkan kertas keterangan Tidak Lulus nya ke loket tempat mengumpulkan berkas ujian, kecuali kalau sudah 4 kali gagal tes teorinya itu setau saya ngulang lagi dari tes kesehatan dan praktek.

  11. Sy denger dr adik saya. Uji praktek genggam stang harus dikepal. Gak boleh megang rem. Dan kecepatan minimal 30 km/jam. Kayaknya gak mungkin berbalik di letter u dgn kecepatan segitu, jarak putarnya juga pendek banget. Apalagi gak megang rem, hadeh… apa mungkin sy salah info ya?

    1. Kalau teknik mengemudi bebas tapi harus sesuai aturan yaitu kaki tidak boleh menyentuh aspal dan patok pembatas jangan sampai jatuh ketika praktek dilakukan.

      Terus permainan gas, rem, dan keseimbangan itu penting, kalau waktunya ngerem ya rem aja, kalau g direm nnti bisa bablas hehehe, jadi rem dan gas nya di mainin gitu supaya gak kekencengan atau kelambatan lajunya. πŸ˜€

  12. Sy baru pulang test. Alhmadulillah teori dan kesehatan lulus. Cuma praktek harus ngulang lagi. Katanya stop melewati garis putih dan kecepatan kurang. Sy di samsat daan mogot jakarta barat. Pesan saya, klo mau ikut tes bawa makanan dari luar . Didalam mahal semua…. Gorengan satu lima ribu. Teh botol 10 rb. Karena udah siang kondisi lelah habis ngantri dan belum makan, dibeli juga

    1. Sepertinya beda kota beda urutannya ya, pak. Kalau di Bogor pada saat saya membuat sim urutannya adalah Tes Kesehatan -> Praktek -> Teori, tapi kalau di Jakarta Barat Teori dulu ya baru praktek hehe

  13. wah klo di bogor ternyata urutannya begitu ya? Klo di bekasi beda, pertama ujian teori, klo ujian teori lulus, langsung tes praktek, tp klo gagal ujian teori harus ngulang minggu depannya.
    Nah di sini bedanya, klo ujian teori sdh lulus langsung ikut ujian praktek, tp klo gagal lulus ujian praktek, cukup mengulang ujian prakteknya saja selang 1 minggu kemudian, tidak harus ujian teori lagi.

    klo gw krn telat perpanjang SIM, jd harus bikin baru…..ngeness banget deh, org udah prnh punya SIM, ko harus ulang bikin baru ya?? kebijakan aneh, cm utk cari uang saja

    1. Emm gitu ya, kalau di Bogor pas saya bikin SIM urutannya Tes Kesehatan terus Praktek lalu kemudian baru Teori, mungkin beda kota beda kebijakannya hehehe.

      Sayang sekali ya, Mas harus bikin baru lagi, jangan sampai telat deh kalau gitu nanti kedepannya.

  14. Mau tanya kang..
    brti kalau ujian tes teori lulus…kemudian ujian praktek gagal.kita ngulangnya dua duanya apa gimana yah?
    trs byar tes kesehatan lagi atau tidak?
    thx

    1. Gak harus ngulang gan. Misal kesehatan lulus. Teori lulus. Klo gagal di praktek ya ngulang di praktek aja. Gak bayar lagi. Cm gak tau berapa kali batasnya? Setau saya sih gak ada batasnya.

    2. Kalau dulu waktu saya bikin SIM di Pemda Bogor peraturannya gini, pak :

      1. Tes kesehatan, jika sudah ok lanjut ke tes praktek

      2. Tes praktek, jika lulus lanjut ke ujian Teori, namun jika gagal maka ulang kembali ujian praktek minggu depannya dihari yang sama. Maksimal ujian praktek adalah sampai 3 kali gagal (3 kali pertemuan), jika sudah mengulang sebanyak 3 kali masih gagal maka mengulang kembali dari poin 1.

      3. Ujian Teori, jika lulus maka tinggal lanjut ke pembayaran dan pengisian data diri untuk kartu SIM, namun jika gagal maka mengulang minggu depannya dihari yang sama. Maksimal kegagalan dalam ujian teori adalah 4 kali, jika ujian Teori telah gagal sebanyak 4 kali maka mengulang kembali dari poin 1.

      Entah kalau di kota lain apakah kebijakannya sama atau beda hehe

  15. Hahahaha sama kang,sy tgl 9 ini mau balik lagi ujian teori krna kemarin gagal di teori,minimal nilai harus 21 dr 30 pertanyaan,sy dpt nilai 15 hehe…semoga lolos di teori nya,lanjut praktek..klo gak lolos lagi,yah udah ttp berusaha pantang bikin sim c nembak (mahaaaallll).dan mungkin skg gak bisa nembak krna sudah pemutihan dr pungli2 di satpas daan mogot. Tips buat tmn2…pensil dan bolpoin wajib bawa,siapin minuman dr luar krna di dalam mahal nya gak kira2,yg perokok siap2 mulut nya asem krna di sana kawasan bebas rokok (kecuali di outdoor atau di tmpt praktek).okeeee doain sy ya..sukses guys

  16. assalamuallaiku
    gini kang,saya kan udah pernh punya sim c tpi dari nembak,trs nembaknya itu di kota depok,sementara ktp saya berdomisi di bogor…
    klo seumpamanya saya mau bikin sim lg,yg lewat jalur resmi kira2 bisa ga ya ?

    terima kasih

    1. Wa’alaikumsalam, kemungkinan bisa, pak karena KTP bapak domisi Bogor, tapi saran saya langsung saja bapak konsultasikan ke polres bogor pak supaya lebih jelas dan sim nya tidak ganda biar gak jadi masalah dikemudian hari hehe

  17. Saya ,sudah lulus ujian tiori nya ,untuk ujian praktek suruh dtang 15 hari,,pas dtang pagi nya belum di suruh praktek,, di suruh dtng lgi 1 minggu lgi,dari segi wktu dan biaya saya sagat di rugi kan ,jdi arus gimna lgi ?mungkin banyak orang yg lebih teraniaya dri saya ini…

    1. Kalau saya dl (masih ditahun 2016) wktu bikin sim di pemda cibinong bogor, ujian praktek trlebih dahulu baru kemudian ujian teori, entah mngkin skrng sudah berubah urutannya.

      Jangka wktu dari ujian teori atau prktek adalah satu minggu, jadi kalau hari ini gagal minggu depannya di hari yg sama lngsung ujian lagi.

      Saya baru berhasil mndapatkan sim sekitar 2 bulan, bulak balik tiap minggu mngulang ujian praktek/teori hehe

  18. salam kang..
    ngiring naros.
    dinten sabtu buka teunya tempat ngadamel sim polres bogor..
    senen dugi ka jumat mah kuli euy.. hatur nuhun

      1. Kang mau nanya udah ujian praktek 3 kali gagal wae.bulan depan ujian praktek lagi yang ke 4.seandainya gagal lagi gimana.apa di ulang lagi dari awal.Nuhun kang

        1. Bilang aja ke penguji praktek nya “Saya udah gagal ujian praktek 3 kali, pak” . Nnti selanjutnya bakal dibantu sama pengujinya, biasanya begitu hehe . Tapi ada kemungkinan ngulang lagi. Semangat….

  19. Kang, aku mau nanya. Aku kan daftar sim udah dari november, nahh pas itu aku ngulang praktek tgl 4 sama tgl 10. Nah pas di tgl 10 ampe skarang blum sempet ke polresnya. Itu mending daftar ulang lg apa gimana? Nuhun.

  20. aneh yah udh 4 kali tes ga lulus”,pas mau daftar lagi online ko ga keluar tanggal tes nya yah,
    apa harus lngsung datang ke cibinong lagi yah.

    1. Gak lulus 4 kalinya tes apa, kang? teori atau praktek. Kalau di pemda cibinong waktu saya bikin SIM dulu, kalau yang gagal 4 kali adalah tes teori maka ngulang lagi dari awal (tes kesehatan, dll).

      Kalau daftar online saya belum pernah.

  21. Punten kang pami ayena d polres bogor masih keneh aya calo?
    Saya d tangerang, lamun kudu bolak balik bogor tangerang mh hadeuuh capee ?

  22. Punten kang pami ayena d polres bogor masih keneh aya calo?
    Saya d tangerang, lamun kudu bolak balik bogor tangerang mh hadeuuh capee ?

  23. Assalamualaikum kang, ini teh kalo misalny gak lulus disalah satu tes tertulis/praktek ntar minggu depanny ngulang dua2ny apa satu aja yg belum lulus kang?
    Makasih sebelumnya

    1. Wa’alaikumsalam,
      Ngulang salah satu aja yang belum lulus, Mba. Misal ujian praktek minggu pertama gagal, minggu depannya berarti ngulang lagi ujian praktek sampai maksimal 3 kali.

      Jadi urutannya kalau dulu saya tes bikin sim di pemda cibinong bogor adalah Tes kesehatan -> Tes Praktek -> Tes Teori , nah kalau tes teori maksimal sampai 4 kali, kalau udah 4 kali masih gagal ngulang lagi dari awal (tes kesehatan, dst).

      1. Kang mau tanya..saya kan bikin sim hari selasa td.trus gagal tes praktek..tp saya males nunggu se minggu..bisa ga ya saya ikut lagi hari rabu nya..tp daftar dari awal..

        1. Bisa, saya dulu juga kaya gitu, pas ujian teori gagal 4 kali, besoknya langsung saya ngulang lagi dari awal (daftar tes kesehatan, dll) karena kalau nunggu seminggu lagi saya keburu lupa dengan jawaban soal” ujian teorinya hehe.

          Jadi daftar lagi dari awal, cuma resikonya bayar tes kesehatan lagi.

    1. Saran saya, anter aja sama yg udah punya sim. Soalnya kalau brgkt sndiri & blm punya sim & kebetulan disekitar polres lagi ada operasi rutin & trnyata kena tilang, resikonya stnk bakal di tahan.

      Saya dulu bgitu, wktu ke polres blm punya sim, padahal baru pulang ujian bikin sim cuma blm brhasil, eh g taunya lagi ada operasi rutin, kena tilang deh akhirnya, gara”nya karena g nyalain lmpu sih, mngkin kalau lampunya dinyalain g akan kena tilang hehe. Ditahanlah jadinya stnk sepeda motor saya hehe

  24. punten kang mau nanya
    1.tes kesehatannya di polresnya ato kita bikin surat sehat dr klinik/rumah sakit yah?
    2.tes teori nya soalnya selalu sama ato ada kode nomor ujian yg beda2 tiap soal?
    3.ujian praktek bisa tes rem and gas dlu ga yah sebelum masuk ke halang rintangnya?!
    4.boleh minta alamat tempat bikin sim nya kang?mau naik uber/grab/gojek aja biar aman.
    hatur nuhun infonya kang…

  25. Saya coba jawab ya kang..

    1. Tes kesehatan langsung dilakukan di polres tempat akan dilakukannya ujian pembuatan SIM

    2. Tes teori soal ujiannya kurang lebih sama, baik itu Soal A ataupun B, cuma tiap minggunya diacak no urut setiap soal nya, jadi kalau saat minggu pertama dapet soal A, sebisa mungkin minggu depannya ambil soal A juga dan ingat-ingat jawaban yang benarnya, karena kunci jawabannya akan langsung dimunculkan didepan layar untuk setiap soalnya jika masing-masing soal telah selesai (waktunya 1 menit hitungan cepat untuk setiap soalnya) dan usahan minimal 21 soal benar atau setara dengan nilai 70, karena waktu saya ujian sim dulu minimal nilai lulus ujian teori adalah 70 atau 21 soal benar.

    3. Bisa di tes, tapi gak pake lama hehe, kalau kelamaan nnti ditegur sama pengawas ujiannya.

    4. Di Polres pemda cibinong Bogor. Detailnya bisa dicek di googlemaps.

  26. mau bagi pengalaman aja walau baru pertama and gagal…dan menunggu test berikutnya…

    1.dr rumah dah daftar online pilih tanggal dan jam 08.00, 08.45, 09.30, 10.15…usahakan datang 1jam-30menit sebelum waktunya(saya sih dateng 30mnt sebelum ujian, untung masih sempet ikut tes kesehatan dan fotocopi…tapi saya ikut rombong yg terakhir dr jam 8.45)

    2.datang ke polres pemda fotocopi dlu 2x ama map biru(sim c) kena 3rb(skalian tanya tempat tes kesehatan)hehehe…trus ke tempat tes kesehatan yang posisinya ada di belakang mesjid(ada jalan kecil keluar kawasan,ke tempat tes kesehatan), disana bayar 30rb

    3.ketempat tes teorinya, kasih berkas, nunggu dipanggil nah disini dah pake sistem komputer…nanti duduk di kursi kuliah yg udah dilengkapi dengan 3 tombol(A, B , dan C) mencet tombol agak lama baru data ke input ke sistem. soalnya pake proyektor ke depan(klo matanya rabun jauh minta aja ama pengawasnya duduk didepan). pada saat menjawab diberi waktu 30detik nanti pas detik2 mau abis, pada bagian kanan pada layar akan ada tanda jawaban kita sudah masuk ke komputer(hijau=masuk, merah=jawaban tidak masuk ke komputer)(bukan benar ato salah). Nilai minimal 21(sayang cuma dapet nilai 20) hiks hiks hiks jd harus ngulang lg 8hari kerja…

    saran klo mau tes teori sim buka aja di korlantas.polri.go.id …tadi sempet baca-baca lumayan banyak yg keluar cuma tadi baru baca 50 dari 168 soal

    mau nanya…klo saya daftar dari awal lagi tanpa menunggu 8hari kerja bisa ga yah?

    1. Mantaps share pengalamannya..

      “..mau nanya…klo saya daftar dari awal lagi tanpa menunggu 8hari kerja bisa ga yah?..”
      >> Bisa, Kang. Saya juga dulu gitu g pake nunggu seminggu karena udah bosen ngulang tiap minggu hehe

  27. besok adalah tes praktek yg kelima kali nya,karena gagal trus,…pernah ada pengawas yg ngomong nanti di bantu tp datangnya harus pagi bgt ngumpulin berkas,apa itu mungkin di lulusin ya?di polres bandung jalan merdeka

    1. Iya, datang pagi” aja sesuai instruksi, terus nnti datangi pengujinya bilang kalau udah gagal 5 kali, selanjutnya tinggal tunggu hasilnya πŸ˜€

      Pokoknya datang pagi” langsung datangi penguji terus bilang udah gagal 5 kali sambil bawa bukti surat tes praktek sebelumnya.

  28. Agak beda ya urutannya sm SIM A.
    Kalo dulu SIM A:
    1. Tes kesehatan
    2. Tes Teori (saya 1x gagal, he)
    3. Tes Prakteknya (saya 2x gagal, penuuuhh air Mata T_T)
    Sedikit berbagai juga nih, utk tes prakteknya (saya di Purwakarta, bilih beda, hehe):
    1. Nanjak, terus nanti yg nguji bilang ‘stop/berhenti’ (posisinya pas di tengah2 tanjakan), alhamdulillah berhasil. Lanjut
    2. Belok siku, alhamdulillah berhasil.
    3. Mundur siku, tp ga boleh nengok ke belakang, alias harus liat sepion (ga biasa tuh, akhirnya 2x gagal, deh). Akhirnya di Rumah latihan. Lumayan jd buat ahli juga, hehe daan tes ke 3, alhamdulillah berhasil.

    Skrg saya mau Buat SIM C (Soalnya tahun kemarin habis, Dan ga perpanjang), zaman dlu nembak sih,, hihi, jd ingin nyoba juga ga nembak..
    *Krna Kena tilang juga.. hadoooohh..

    Mau tanya ihh Kang,,
    Kira2 Teorinya sama gak yah sim A sm C?
    Dan prakteknya Susah bgt gak? Kira2 lebih sudah motor atau Mobil yah?

    Nuhun Kang infonya..

    1. Terimakasih sudah berbagi info pengalaman pembuatan SIM A nya, mba.

      Untuk soal teori SIM C sama atau tidak dengan SIM A saya kuranga tahu, karena saya belum pernah nyoba bikin SIM A, g punya mobil wkwkwk. Tapi intinya tentang rambu” lalulintas, kalau polisi tiup peluit harus bagaimana, dan semacamnya.

      Sedangkan prakteknya menurut saya gimana kebiasaan, kalau sudah terbiasa pasti mudah. Untuk rintangannya ada 3 yaitu lintasan huruf U, zigzag, dan angka 8.

      Selamat mencoba dan semoga pembuatan SIM C nya lancar πŸ™‚

  29. Perlahan tapi pasti tidak berlaku karena saya santai tp pasti kaki tidak turun dan tidak menjatuhkan bahkan menyenggol di nyatakan tidak lulus yg jelas seenak dewek penguji

  30. Numpang tanya ane kan minggu kmrn test praktek di bekasi kota tp gagal kan disuruh test ulang minggu dpn. Nah saya kmrn test nya tanggal 9 maret kan minggu dpn test ulang praktek nya lg tgl 15 tapi klo saya dtg nya hari sabtu 18 nya bisa yah gan?

  31. Numpang tanyak, kalau hari ini saya test teori terus gagal, saya bisa langsung ngulang lagi gak besok nya, tinggal saya robek kertas yg saya ngulang, saya sudah ngulang 5 x gan. Itu ketauan gak , ada rekap mereka gak?

    1. Bisa, gan. Dicoba aja, tapi daftar lagi dari awal dari tes kesehatan, kalau saya dulu begitu karena sempat gagal tes teori 4 kali, akhirnya harus ngulang dari awal, daripada nunggu lama jadi saya langsung ulang esok harinya, ngulang tes kesehatan, praktek, kemudian langsung teori, dan alhamdulillah langsung lulus karena soal teorinya saya masih inget.

      1. Kalau kita gak usah cabut berkas,dan tidak ikut kesehatan, langsung ulang teori, padahal belom tanggal ujian ulang, tapi saya robek lembar jawapan kemarin yg tidak lulus. Itu gak ketauan gan?

  32. Numpang tanya, kalo tes praktek utk sim C, gagal 3x. ada kemungkinan ga saya diluluskan walaupun ntr gagal lagi..hrs berapa kali tes prakteknya.. Habis ga mungkn kayanya saya bs lulus prakteknya..asa susah ga injak tanah.

    1. Dicoba sampai 3x, nnti kalau 3x masih gagal biasanya dapet mukjizat, pak polisi bukan sekedar melihat praktek kita lulus atau ngga, tapi kesungguhan jadi pertimbangan πŸ˜€

    1. Mun lalaki, pake matic atau gigi sama-sama satu kali kesempatan, tapi matic disana gas nya kaya maju sendiri sama yang gigi juga. Kalau mau dapet 3 kali kesempatan pake motor yang kopling.

  33. Ceritanya hampir mirip kak … tpi kalau saya yang susah di praktik udah ngulang 5kali hmpir 3 bln blm jdi tp inshaallah tadi pagi pas saya tes dibilangin petugasnya buat tes berikutnya akan diluluskan.. ya sdikit lega.. habisnya saya di jelek”in temen” dibilang sok”an kalau jujur itu lama

  34. Oh iya kak satu lagi mau tanya stiap ada yang buat sim c baru kok ada lembar birunya ya … lha yg tak bawa gk ada lembar biru”nya aku bingung itu udah diambil petugasnya apa emng aku gk ada lembar biru”nya itu ya lupa aku e.. tp kalau aku mau ngulang y emng tnggl nyerahin 1map(fotokopi KTP,ket.sehat sma tanda bukti pembayaran) yang mengulang itu
    Trs satu lgi kak tdi kan rame banget terus aku disuruh ngulang tgl 21 mei pdhl itukan hari minggu brrti aku dtgnya hri sblmnya y kak?

    1. Kalau pertama kali daftar pake map biru, terus diserahkan ke petugas, selanjutnya petugas yang pegang map biru itu, kita tinggal ujian aja, kalau belum lulus nnti dapet kerta keterangan tidak lulus, kertas keterangan itu yang dibawa untuk ujian ulang.

      “Trs satu lgi kak tdi kan rame banget terus aku disuruh ngulang tgl 21 mei pdhl itukan hari minggu brrti aku dtgnya hri sblmnya y kak?” , >> Datang sebelum hari minggu nya aja

    1. Untuk biaya daftar tidak ada, hanya bayar biaya tes kesehatan saja 25rb, kalau sudah lulus baru bayar 100rb untuk biaya pembuatan SIM nya. Itu waktu saya dulu setahun yang lalu, entah sekarang sudah ada perubahan kebijakan atau belum.

  35. thanks infonya kang mudah”an di kesempatan ke tiga ane bisa dapet sim nya. doa’in ya kang :D. sukses selalu kang…

  36. Kang maaf kang mau tanya, sayakan baru pertama kali ikut test awal, gara2 telat perpanjang sim jdi disuruh buat sim baru, dan td saya gagal kang diujian tes teori wkwk sedih banget. Trs disurh dateng 2 minggu lgi. Kan lama banget kang, kalau dateng 1 minggu lg bisa nggak ya kang atau ntar kelacak gt nggak. Trs td liat dikomen atas bisa ya kang klu kita gagal hari ini bsk ikut test lagi, tpi harus ulang dari awal lg mulai dri tes kesehatan ? suwun….

  37. Maaf kang mau tanya, baru pertama kali ikut tes, sebelumnya sim saya telat saya perpanjang dan akhirnya saya disuruh buat sim baru. Dan td hari ini saya ikut test sim kang dan hasilnya saya nggak lulus tes teori wkwk kecewa banget dan maluu hihihi. Trs saya disuruh dteng 2 minggu lagi “lama amat ya 2 minggu” klau saya dateng 1 minggu besok giman ya kang boleh nggak dan kelacak nggak itu kang?. Dan td liat komen diatas bisa ya kang klu seandainya hari ini nggak lolos saya ikut test dihari besoknya kang? Suwun

  38. Kak mau tanya.. Kalo mau ngulang ujian prakteknya tapi kemarin ga dikasih kertas keterangan tidak lulusnya terus apa harus ngulang dari awal lagi.. Ini yang dibawa cuma surat keterangan lulus ujian teori doang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *