Cara install Genymotion di Linux Mint 19

Genymotion adalah android emulator yang biasanya digunakan untuk pengembangan aplikasi android. Biasanya saya menggunakan Genymotion untuk mencoba menjalankan aplikasi android yang saya buat, lebih tepat nya saya sedang belajar membuat aplikasi android hehe.

Untuk mendapatkan file installer Genymotion, kita harus membuat akun terlebih dahulu di halaman https://www.genymotion.com , kemudian setelah berhasil mendaftar silakan dowload Genymotion Personal Edition karena versi ini yang gratis. Jika tidak ada perubahan url, maka url untuk mendowloadnya adalah disini https://www.genymotion.com/fun-zone/ . Sekali lagi, pastikan sudah sign in untuk bisa mengunduh file Genymotion personal edition ini.

Ok, jika unduhnya sudah selesai, mari mulai instalasi Genymotion di sistem operasi linux kita, disini saya menggunakan Linux Mint, untuk yang menggunakan distro linux lainnya tinggal disesuaikan saja.

Pertama, masuk ke direktori dimana file installer Genymotion telah diunduh tersebut disimpan, disini saya mengunduhnya ke folder Downloads, maka saya masuk ke folder Downloads sepert ini:

cd
cd Downloads/

Kedua, pindahkan file genymotion-3.0.2-linux_x64.bin yang ada pada folder Downloads tersebut ke direktori /opt . Caranya:

mv genymotion-3.0.2-linux_x64.bin /opt

jika menemui error seperti ini:

mv: cannot move 'genymotion-3.0.2-linux_x64.bin' to '/opt/genymotion-3.0.2-linux_x64.bin': Permission denied

artinya kita tidak memiliki akses untuk memindahkan file ke direktori /opt , caranya supaya bisa memindahkan file tersebut ke direktori /opt adalah gunakan sudo, jadi seperti ini:

sudo mv genymotion-3.0.2-linux_x64.bin /opt

Ok, sekarang file installer genymotion sudah dipindah ke direktori /opt .

Kemudian beri executable permission ke file genymotion-3.0.2-linux_x64.bin tersebut, caranya:

cd /opt
chmod +x genymotion-3.0.2-linux_x64.bin

jika sudah, mulai instalasi genymotion dengan cara:

./genymotion-3.0.2-linux_x64.bin

jika muncul error dengan peringatan sepert ini:

You should install this package in your home folder or with admin rights, using sudo

maka gunakan sudo, jadi seperti ini perintahnya:

sudo ./genymotion-3.0.2-linux_x64.bin

Sampai tahap ini, instalasi android emulator Genymotion sudah selesai. Untuk membukan genymotion kita tinggal masuk saja ke folder getymotion yang ada pada direktori /opt tersebut. Seperti ini:

cd /opt/genymobile/genymotion/
./genymotion

maka akan tampil aplikasi Genymotion. Silakan login menggunakan akun Genymotion yang sebelumnya telah didaftarkan via web https://www.genymotion.com/ . Atau bisa juga denga membuka aplikasi Genymotion dengan mengklik icon Genymotion pada menu daftar aplikasi.

Setelah login berhasil silakan unduh emulator android yang diinginkan. Pastikan juga pada komputer teman-teman sudah terinstall aplikasi virtualbox yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan emulator android tersebut.

Happy testing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.