Bagaimana cara membuat email dengan nama domain sendiri? simak tulisan ini

Email di jaman sekarang ini merupakan media komunikasi tertulis elektronik yang sudah sangat banyak digunakan. Bahkan, bagi saya sendiri email sudah menjadi media komunikasi harian, masuk daftar penting setelah chat seperti WhatsApp dan Telegram. Nah, biasanya email yang kita buat adalah email dari layanan email gratis seperti gmail, ymail (yahoo mail), dan lainnya. Lalu, apakah bisa jika ingin membuat alamat email namun dengan nama domain sendiri yang sudah dimiliki? Tentu jawabannya Bisa. Misal, kita sudah memiliki sebuah nama domain ndgblog.com, lalu ingin membuat email dengan alamat saya@ndgblog.com, bagaimana cara membuatnya? apa saja yang diperlukan untuk membuat alamat email dengan nama domain sendiri tersebut? Ok, simak tulisan ini sampai akhir ya, supaya tidak tersesat. O iya, supaya lebih afdhol untuk definisi dan sejarah email sendiri bisa dibaca disini https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat alamat email dengan nama domain sendiri:

  1. Nama domain
    Hal pertama yang harus disiapkan adalah nama domain. Untuk domain bisa disewa di provider penyewaan domain. Banyak provider domain hosting yang bisa jadi pilihan baik itu provider domain dalam negeri ataupun luar negeri. Cara penyewaan domain juga sangat mudah, kita tinggal tentukan nama domain yang diinginkan, lalu cek ketersediaan domain apakah nama domain yang diinginkan tersebut tersedia untuk dipesan atau tidak, karena tidak jarang nama domain yang kita inginkan malah sudah terdaftar oleh pihak lain. Untuk tempat menyewa domain ini bisa ditentukan sesuai selera, misal jika mempunyai kartu kredit biasanya bisa melakukan penyewaan domain pada provider luar negeri, tapi jika tidak mempunyai kartu kredit bisa melakukan order domain pada provider penyewaan domain dalam negeri. Lalu mana yang lebih disarankan? provider dalam ataupun luar negeri menurut saya sama bagusnya, kelebihan provider penyewaan domain dalam negeri menurut saya adalah komunikasi yang lebih mudah karena menggunakan bahasa Indonesia dan biasanya customer support lebih mudah dihubungi via livechat atau telpon dan pembayaran yang bisa dilakukan via bank lokal, sedangkan provider domain luar negeri kita harus komunikasi setidaknya dengan bahasa Inggris dan metode pembayaran yang kebanyakan belum mendukung bank lokal. Jadi bagi anda yang baru saja terjun ke dunia per domainan ini, provider domain dalam negeri bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk providernya apa? silakan googling saja dengan kata kunci “sewa domain indonesia”
  2. Hosting
    Apa itu hosting? jika dianalogikan kedalam kehidupan sehari-hari, hosting bisa diibaratkan sebagai “rumah” yang mana didalamnya kita bisa menyimpan barang-barang yang kita miliki seperti tempat tidur, lemari, dan lainnya. Fungsi hosting secara singkat adalah untuk menyimpan data-data yang kita miliki sehingga bisa diakses secara online melalui jaringan internet. Lalu apa hubungan email dengan hosting? ketika kita mengirim email, pesan yang kita kirim tersebut akan masuk ke dalam email hosting tersebut kemudian diolah sedemikian rupa lalu diteruskan ke email hosting tujuan (Pertukaran email / Email exchange) dan email-email tersebut akan tersimpan dalam hosting sehingga bisa dibuka kapanpun dan dimanapun melalui jaringan. Kita ambil contoh layanan email Gmail, ketika kita menerima atau mengirim email di Gmail maka email yang sudah kita kirim atau terima bisa kita buka bukan? bahkan setelah bertahun-tahun email tersebut masih ada karena Gmail memberikan kita fasiltas hosting untuk email tersebut. Jadi, selain sebagai pusat penyimpanan data, hosting ini pun bisa bertindak sebagai server yang menangani suatu proses tertentu, misal pada pembahasan kali ini adalah hosting sebagai email server yang menangani proses pengiriman dan penerimaan email (Mail Exchange). Ilustrasi singkatnya bisa simak gambar dibawah ini.

Setelah kedua hal diatas terpenuhi yaitu domain dan hosting, maka proses pembuatan email dengan nama domain sendiri sudah bisa dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyewa hosting yang sudah siap pakai atau membangun server hosting email sendiri. Pada artikel ini yang akan dibahas adalah menggunakan hosting siap pakai karena untuk membangun email server sendiri membutuhkan pengetahuan teknikal yang lebih mendalam.

Ok, berikut adalah beberapa layanan hosting siap pakai untuk membuat email dengan domain sendiri :

cPanel hosting

membuat email dengan domain sendiri cPanel

cPanel adalah sebuah piranti lunak untuk melakukan kontrol terdapat host web, email, dan lainnya, lebih jauh tentang cPanel bisa simak disini https://id.wikipedia.org/wiki/CPanel . Sudah sangat banyak provider penyedia layanan penyewaan hosting yang menggunakan cPanel, bisa googling dengan kata kunci “web hosting indonesia” lalu silakan kunjungi provider hosting yang disuguhkan oleh google lalu tanyakan ke provider hosting tersebut “bagaimana cara menyewa hosting dengan cPanel untuk membuat email”, pasti akan dipandu oleh provider hosting tersebut.

Selain untuk menghost email, cPanel hosting ini juga biasanya bisa digunakan untuk menghost website, jadi multiguna, tapi ada juga yang mengkhususkan untuk email saja. Lebih lengkap panduan cara membuat akun email dengan domain sendiri menggunakan cPanel bisa cek disini Cara membuat email domain sendiri di cPanel

Google Suite

cara membuat email dengan domain sendiri gsuite

Selain layanan cPanel hosting, kita juga bisa menggunakan layanan email hosting dari Google Suite / G Suite. Dengan menggunakan layananan G Suite, kita tidak perlu lagi memesan hosting terpisah karena hosting sudah disediakan oleh G Suite, sehingga yang kita perlukan hanyalah domain saja.

Layanan google suite ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cPanel hosting, diantaranya adalah akun email dengan nama domain sendiri yang kita buat akan langsung terintegrasi dengan layanan-layanan seperti yang ada di Gmail, misal google drive dan teman-temannya. Namun dengan segala kelebihannya tentu ada harga yang harus dibayar. Silakan cek disini untuk mengetahui lebih jauh tentang layanan G Suite ini https://gsuite.google.co.id/intl/id/pricing.html

Zoho mail

cara membuat email dengan domain sendiri zoho mail

Selain cPanel hosting dan Gsuite, alternatif lain adalah menggunakan layanan dari Zoho mail. Sama hal nya dengan G Suite, kita hanya perlu memiliki domain saja untuk menggunakan layanan Zoho Mail, untuk hosting sudah disediakan oleh Zoho Mail tersebut. Kabar baiknya, zoho mail menyediakan layanan email hosting versi gratis dengan batasan hingga lima pengguna, 5 GB/Pengguna dan batas lampiran 25 MB pada saat artikel ini ditulis, sangat menggiurkan untuk dicoba bagi penggunaan personal, selain itu fitur-fiturnya pun cukup lengkap, tidak kalah dengan layanan Google Suite. Namun, untuk penggunaan corporate, layanan berbayar dari zoho mail ini lebih direkomendasikan dari pada versi gratisnya. Untuk lebih detail tentang Zoho Mail silakan cek disini https://www.zoho.com/id/mail/zohomail-pricing.html

Nah, itulah layanan-layanan email hosting yang bisa digunakan untuk membuat email dengan domain sendiri. Pada tulisan ini saya hanya menjelaskan tiga saja yaitu cPanel hosting, G Suite, dan Zoho Mail karena ketiga layanan itulah yang sering saya gunakan dan menurut saya mudah untuk dipratekan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Reply to “Bagaimana cara membuat email dengan nama domain sendiri? simak tulisan ini”

  1. […] Bagaimana cara membuat email dengan nama domain sendiri? simak tulisan ini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.