Ganti oli Satria Fu Fi versi ndgblog

ganti oli satria fu tiap berapa km,filter oli,oil changer,oli apa

Ganti oli satria fu tiap berapa km? pertanyaan itu sempat muncul saat saya pertama kali memiliki motor satria fu injeksi ini. Pada buku panduan, pergantian oli pertama adalah jika jarak telah mencapai kurang lebih 500 Km. Jadi, saya ikuti saja sesuai panduan tersebut. Lalu, saat ini motor satria fu fi saya sudah berumur 11 bulan dan untuk pergantian oli biasanya saya lakukan setiap 1000 Km. Kenapa harus 1000 Km? ya.. sebenarnya ini bukan patokan yang fix, karena beda pemilik beda juga penggunaannya.

Saya setting pada indikator oil changer setiap 1000 Km karena motor satria fu fi saya jarang dikendarai. Dan jika dikendarai paling hanya untuk pulang pergi kerja yang jaraknya hanya 20an Km, sesekali dipakai untuk mudik yang jaraknya 300an km (pp) itu pun sangat jarang. Pernah saya setting di 1500 km, tapi rasanya sudah kurang nyaman pada mesin, pas nya di 1000 km untuk versi saya. Nah, jadi itu alasan saya kenapa saya ganti oli satria injeksi setiap 1000 Km.

Jika memang jam berkendara sobat menggunakan satria fu fi sangat tinggi, mungkin bisa di setting lebih rendah untuk masa pergantian oli nya. Biasanya akan terasa juga pada mesin jika memang oli sudah kurang mumpuni. Bisa juga dikonsultasikan dengan mekanik di bengkel resmi untuk pergantian oli yang pas sesuai dengan kepadatan aktivitas berkendara sobat. Jangan malas juga untuk ganti oli karena akan mempengaruhi peforma dan umur mesin sepeda motor sobat.

O iya, kapasitas oli mesin satria fu fi ini 1300 ml, biasanya jika di bengkel resmi sedang tidak tersedia oli dengan volume 1300 ml, saya membeli 2 botol dengan ukuran 1000 ml dan 800 ml, sisanya saya bawa pulang untuk cadangan ganti oli selanjutnya, kadang juga saya simpan untuk keperluan pelumasan, misal melumasi rantai dan bagian-bagian lainnya yang memerlukan pelumasan agar tidak haus dan berkarat.

Ketika mengganti oli satria fu fi ini saya biasanya sekalian juga mengganti filter oli. Berapa harga filter oli satria fu fi? terakhir saya membeli filter oli satria injeksi harganya Rp.5000 saja di bengkel resmi, mungkin harga bisa berbeda dimasing-masing kota dan bengkel.

Oli apa yang cocok untuk satria fu fi injeksi? Nah.. menurut saya ini relatif, saya pribadi lebih sering menggunakan oli genuine dari suzuki (SGO “Suzuki Genuine Oil”) karena penggunaan sepeda motor saya hanya untuk commuter, mungkin jika untuk race lain cerita. Pernah juga saya menggunakan oli lain seperti Federal Racing, saya suka dengan bau oli ini hehe, wangi permen karet. Untuk peforma ke mesin, menurut saya tidak begitu berbeda. Namun di beberapa forum ada yang menyarankan menggunakan oli motul ester, katanya oli motul ester ini bagus untuk mesin si fu. Saya juga pernah menanyakannya ke mekanik di bengkel resmi, oli motul itu memang bagus, tapi harganya juga lebih mahal, saya belum pernah coba di satria fu fi.

Kesimpulannya, untuk jarak ganti oli dan oli apa yang cocok tinggal disesuaikan saja dengan budget, keperluan dan tingkat kesibukan berkendara. Jika memang hanya untuk penggunaan commuter, pulang pergi kerja misalnya yang jaraknya kurang dari 50km/hari, pergantian oli bisa dilakukan setiap 1000km, tapi jika memang sudah terasa tidak nyaman pada mesin, segera saja diganti, dan untuk oli menggunakan suzuki genuine oil (sgo) sudah mumpuni untuk keperluan standar harian.

Sekian, tulisan ini hanya serba serbi seputar ganti oli satri fu fi versi ndgblog (saya). Jika sobat memiliki versi lain, no problem, beda pengguna beda standar perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *