Gowes ke Gunung Bunder, Pasir Reungit Jalur Pendakian Kawah Ratu

Alhamdulillah, pada minggu 16 Juli 2017 saya berkesempatan untuk gowes bersama salah satu sobat gowes saya ke Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Waktu itu kami gowes lewat ciherang kemudian blusukan ke suatu tempat yang tidak kami kenal, yang pasti blusukan ke kebun penduduk sampai mabal ke kebun bambu yang buntu jalannya, kemudian kami keluar di sekitaran jalur ampera, lalu dari sekitaran jalur ampera tersebut kami lanjut gowes menuju Gunung bunder, melewati curug luhur, lalu sampai ke pamijahan, cibatok, dan hingga akhirnya tiba di Gunung Bunder. Jalurnya naik-turun melehoy wkwkwk.

gowes gunung bunder

taman nasional halimun salak gunung bunder kawah ratu

Sebelumnya juga saya pernah ke Gunung bunder untuk melakukan pendakian ke Kawah Ratu, tapi mengendarai sepeda motor (read : Kawah Ratu, Pendakian Jalur Pasir Reungit Gunung Bunder Bogor

Kami gowes sampai ke pintu pendakian Kawah Ratu yaitu Jalur Pasir Reungit – Puncak Salak 1.

kawah ratu bogor

gowes gunung bunder
Sobat goweser sedang bergaya 😀

Saat kami tiba dikawasan pintu pendakian suasana perkemahan sedang sangat ramai, kelihatannya sedang ada kegiatan sekolah.

Kondisi di kawasan gunung bunder ini cukup nyaman, dipenuhi oleh pohon pinus.

gowes ke kawah ratu

gowes gunung bunder kawah ratu

pohon pinus di gunung bunder kawah ratu halimun salak

Namun entah kenapa saya rasa kawasan gunung bunder ini tidak sesejuk seperti saat pertama kali saya kesini. Dan yang pasti, satu hal yang tidak pernah berubah dan justru semakin menjadi-jadi yaitu seperti biasa… banyak yang pacaran wkwkwk.

Untuk jalurnya sendiri yaitu mulai dari pintu masuk hingga ke pintu pendakian pasir reungit bisa dibilang 60% aspal rusak, 40% batu makadam tingkat sedang,. Yang pasti masih gowesable hehe.

O ya, tambahan saja, tidak perlu khawatir disana bakal kekurangan konsumsi karena banyak yang jualan, asalkan ada duit hehe.

Nah, sekian saja. Terimakasih, salam gowes.

3 Replies to “Gowes ke Gunung Bunder, Pasir Reungit Jalur Pendakian Kawah Ratu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *