Laptop Lenovo X230, Laptop Jadul Berkualitas

Halo sobat, apakah sobat tahu dengan laptop Lenovo X230? kali ini saya akan coba melakukan review mengenai Laptop tersebut. Lenovo X230 merupakan laptop jadul yang berukuran 12 inc dengan spesifikasi dan fitur yang tak kalah dengan laptop zaman now.

Menurut informasi, Laptop Lenovo X230 saat ini sudah tidak diproduksi lagi, namun masih ada di pasaran jika sobat ingin memilikinya, tentunya dengan kualitas second. Bisa dibilang laptop Lenovo X230 merupakan laptop jadul yang cukup melegenda dan banyak diburu oleh para pecinta laptop old school yang tidak begitu mementingkan tampilan luar, namun lebih ke spesifikasi dan peforma.

Saya sendiri mempunyai satu laptop Lenovo X230 yang masih digunakan hingga saat ini. Harga laptop lenovo x230 adalah sekitar 3 juta rupiah saja dengan spesifikasi dan fitur yang bisa dibilang wow, jauh dibandingkan dengan harga baru lapto 3 jutaan saat ini. Berikut table spesifikasi Laptop Lenovo X230 :

CPUIntel Core i5 3320M @ 2.60GHz - Ivy Bridge 22nm Technology
RAM4.00 GB Single Channel DDR3
MotherboardLenovo 2325SSF (CPU Socket - U3E1)
GraphicsGeneric PnP Monitor (1366 x 768 @60Hz)
Intel HD Grapahics 4000
Storage128GB SSD SAMSUNG
Optical DriveNone
USB Port2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0
VGA PortYes
HDMI PortNo
BluetoothYes
CameraYes
SoundYes
Sd Card Port Yes
PCMCIAYes
FirewireYes
FingerprintYes

Dan berikut adalah spesifikasi hasil dari pengecekan saya menggunakan software Speccy pada sistem operasi windows 7

Spesifikasi Lenovo X230 built in Jepang SSD 128GB

Laptop Lenovo X230 yang saya punya adalah built in Jepang, pada keyboard terdapat huruf-huruf Jepang seperti gambar berikut :

Laptop Lenovo X230, Laptop Jadul Berkualitas, keyboar jepang

Karena kondisi Laptop Lenovo X230 yang saya beli dalam keadaan second/barang bekas, jadi tidak semulus produk baru. Sedikit tips dari saya, jangan terlalu berharap lebih dengan kondisi fisik Laptop Bekas ya. Cukup pastikan saja dipandangan sobat masih layak pakai, maka lanjutkan beli, namun jika menurut sobat sudah tidak layak pakai, maka cari yang lain.

Dibagian belakang Laptop terdapat seperti docking dan lubang pembuangan air (bagian atas) yang berfungsi untuk mengeluarkan air jika keyboard terkena tumpahan cairan.

Untuk tampak atas biasa saja.

Dibagian sisi kiri terdapat exhaust(lubang udara), 2 buah USB 3.0, 1 port VGA, mini dvi, dan slot card reader.

Pada bagian sisi kanan terdapat 1 port usb 2.0 berwarna kuning, port ethernet (LAN), jack audio in/out, tempat seperti untuk penyimpanan storage, dan lubang kecil seperti untuk gantungan kunci.

Dan dibagian belakang terdiri dari baterai, port charger berwarna kuning dan exhaust (lubang udara).

dan untuk storage nya sendiri adalah SSD 128GB, namun yang beredar di pasaran Laptop bekas Indonesia saat ini ada juga versi hdd biasa 320GB.

Kekurangan dari Laptop Lenovo X230 built in Jepang yang saya rasakan adalah posisi tombol keyboard yang sedikit berbeda, sehingga harus sedikit menyesuaikan. Untuk susunan masih sama yaitu QWERTY, namun terdapat beberapa tombol yang berbeda jika kita biasa menggunakan keyboard dengan Layout US, hanya soal penyesuaian saja.

Fitur fingerprint Lenoxo X230 bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows 7, saya belum mencobanya pada OS Windows 10. Namun fingerprint kurang berjalan dengan baik pada sistem operasi Linux Ubuntu, saya belum mencoba untuk distro Linux Lain.

Fingerprint Lenovo X230

Lalu, dimana kita bisa mendapatkan Laptop Old School Lenovo X230 ini? saat ini cukup banyak yang menjualnya di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya. saya mendapatkan Laptop Lenovo X230 di Bukalapak dengan harga kurang dari 3 juta rupiah.

Bagaimana peformanya? berdasarkan pengalaman saya, peforma laptop lenovo X230 ini cukup memuaskan, dengan harga yang terjangkau dan spek yang bisa dibilang tinggi jika dibandingkan dengan harga laptop baru yang setara saat ini.

lenovo x230 core i5 ssd 129GB ram 4GB

Jika kita membeli Laptop baru dengan harga sekitar 3 juta, kemungkinan hanya mendapat sekelas celeron atau yang mendekati, sedangkan laptop baru dengan processor i5, ram 4gb, dan ssd sepertinya tidak akan bisa didapatkan dengan harga 3jutaan.

Selain itu, terdapat kelebihan lain pada laptop ini yaitu layar monitor bisa di tekuk kebelakang hingga 180 derajat.

180 derajat monitor lenovo x230

Sekian, itulah ulasan singkat mengenai Laptop Lenovo X230, Laptop Jadul Berkualitas yang hingga saat ini masih banyak diburu dan layak dipertimbangkan bagi sobat yang memiliki dana pas-pasan namun ingin mendapatkan Laptop dengan spek yang tinggi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *