Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang

Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang – Bingung sebenarnya memberi judulnya, ya sudahlah seperti ini saja. Saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengambil STNK yang ditahan sebagai bukti tilang tapi tidak sempat ikut sidang, misal karena ada halangan kerja, dan lainnya. O ya, tidak perlu pake calo-caloan.

Ini pengalaman pribadi saja sebenarnya, saya sempat kena tilang dan STNK ditahan selama 2 minggu sampai waktu sidang tiba, saya ditilang karena tidak menyalakan lampu sepeda motor saat itu dan kebetulan baru pulang tes biking sim tapi belum berhasil. …eh malah kena tilang #jungkirBalikUringUringan. (baca ceritanya: Berbagi tips dan pengalaman membuat SIM tanpa Calo)

Untuk sidang tilang ini biasanya hari jum’at di pengadilan negeri setempat. Tapi, kebetulan saat itu saya tidak bisa ikut sidang karena sedang ada urusan ke luar kota. Lalu saya coba tanya-tanya ke bapak saya:

saya: Pak, gimana kalo mau ngambil STNK yang ditahan tapi gak ikut sidang?
bapak: Langsung datang saja ke polres, nanti tanya bagian tilang dimana.
saya: Oo..ok pak, makasih.

Nah setelah diberi wejangan oleh bapak saya, akhirnya setelah kurang lebih satu minggu lewat dari waktu sidang, akhirnya saya langsung saja ke polres lalu saya langsung kebagian tilang, kebetulan saya sudah hafal tempatnya karena dulu saya bikin sim di polres juga dan sempat melihat-lihat area polres tersebut, jadi tidak kesulitan untuk mencarinya.

Saya datang sekitar pukul setengah delapan pagi. Saya kira sudah ramai yang mengantri, ternyata baru ada satu orang yang lagi mengantri, anak sekolah SMA cewe dan beberapa petugas yang lagi bersih-bersih. Lalu saya tanya ke petugas yang lagi bersih-bersih itu:

saya: Maaf mas, bener disini tempatnya kalo mau ngambil STNK yang kena tilang tapi gak ikut sidang?
mas petugas: Iya, silahkan ditunggu aja.
saya: Masih tutup ya, mas. Bukanya jam berapa?
mas petugas: Jam 9 mas, ditunggu dulu saja.

Wah, ternyata masih sekitar satu jam setengah lagi. Saya lihat jam di handphone masih jam setengah 8. Ya sudahlah saya tunggu. Sekitar setengah jam kemudian mulai bermunculan orang-orang yang sepertinya juga punya tujuan yang sama dengan saya. Sambil nunggu pukul 09 tiba, saya ngobrol-ngobrol sedikit dengan mereka. Lalu sekitar pukul setengah sembilan ternyata loket sudah dibuka, langsung saja saya mengambil nomor antrian, mungkin karena kursi antrian sudah nampak beberapa orang. Kebetulan saya mendapat no. urut 4, tak lama kemudian peserta mulai dipanggil satu persatu, tidak perlu waktu lama untuk saya menunggu setelah loket dibuka langsung saya mendapat panggilan. Pada saat masuk keruang pengambilan barang bukti tilang, saya ditanya-tanya dulu sebentar:

pak petugas: Betul ini STNK nya, mas?
saya: Betul, pak
pak petugas: Ditilang kenapa?
saya: gak nyalain lampu sepeda motor, pak.
pak petugas: Oo.. tapi sim punya?
saya: sebetulnya waktu saya kena tilang saya baru pulang tes bikin sim, pak. Tapi waktu itu sim saya belum jadi karena belum lolos.
pak petugas: Oo gitu, sekarang tapi udah punya?
saya: alhamdulillah sudah, pak.
pak petugas: Oo bagus. Totalnya jadi Rp. sekian (maf nominal tidak saya sebutkan, yg pasti tidak mahal). Ini STNK nya, diliat lagi jangan sampe salah ambil.
saya: Ok, pak sudah betul. Terimakasih, pak.

Ternyata cukup cepat prosesnya dan petugas nya juga cukup ramah. Entah mungkin karena masih pagi, masih belum banyak antrian dan udara masih adem ya hehe. O ya, jangan lupa siapkan uang cash untuk nebus barang bukti tilangnya ya.

Nah itu saja, kalo memang sedang tidak ada halangan lebih baik ikut sidang untuk nambah-nambah ilmu dan pengalaman. Tidak usah pake calo-caloan dah, usaha dulu sendiri lebih baik, pengalaman dapat, ilmu dapat, barang bukti tilang (STNK) juga dapet, biayanya juga gak mahal (tergantung kasusnya). Kalo pake calo bisa berkali-kali lipat sob (katanya, belum pernah juga soalnya 😀 ).

16 Replies to “Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang”

  1. Wah kak pas banget aku kena tilang di cibinong depan ccm wkwkwk. Aku kena slip biru kira2 bisa gak ya ambil stnk nya sebelum hari h sidang?

  2. Mas saya ingin tanya kebetulan saya dicibinong juga kena tilangnya. Tapi surat tilang hilang,dan sekitar kurang lebih 3 bulan baru ketemu. Apakah saya kena denda yg besar&dan apakah stnk saya masih ada disana? Tlg dibales ya mas

    1. Untuk perihal itu saya kurang mengetahui, seharusnya jika hilang, langsung datang ke kantor polisi yang mengurusi tilang, ungkapkan yang sebenarnya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *