Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang

Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang – Bingung sebenarnya memberi judulnya, ya sudahlah seperti ini saja. Saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengambil STNK yang ditahan sebagai bukti tilang tapi tidak sempat ikut sidang, misal karena ada halangan kerja, dan lainnya. O ya, tidak perlu pake calo-caloan.

Ini pengalaman pribadi saja sebenarnya, saya sempat kena tilang dan STNK ditahan selama 2 minggu sampai waktu sidang tiba, saya ditilang karena tidak menyalakan lampu sepeda motor saat itu dan kebetulan baru pulang tes bikin sim tapi belum berhasil. …eh malah kena tilang #jungkirBalikUringUringan. (baca ceritanya: Berbagi tips dan pengalaman membuat SIM tanpa Calo)

Untuk sidang tilang ini biasanya hari jum’at di pengadilan negeri setempat. Tapi, kebetulan saat itu saya tidak bisa ikut sidang karena sedang ada urusan ke luar kota. Lalu saya coba tanya-tanya ke bapak saya:

saya: Pak, gimana kalo mau ngambil STNK yang ditahan tapi gak ikut sidang?
bapak: Langsung datang saja ke polres, nanti tanya bagian tilang dimana.
saya: Oo..ok pak, makasih.

Nah setelah diberi wejangan oleh bapak saya, akhirnya setelah kurang lebih satu minggu lewat dari waktu sidang, akhirnya saya langsung saja ke polres lalu saya langsung kebagian tilang, kebetulan saya sudah hafal tempatnya karena dulu saya bikin sim di polres juga dan sempat melihat-lihat area polres tersebut, jadi tidak kesulitan untuk mencarinya.

Saya datang sekitar pukul setengah delapan pagi. Saya kira sudah ramai yang mengantri, ternyata baru ada satu orang yang lagi mengantri, anak sekolah SMA cewe dan beberapa petugas yang lagi bersih-bersih. Lalu saya tanya ke petugas yang lagi bersih-bersih itu:

saya: Maaf mas, bener disini tempatnya kalo mau ngambil STNK yang kena tilang tapi gak ikut sidang?
mas petugas: Iya, silahkan ditunggu aja.
saya: Masih tutup ya, mas. Bukanya jam berapa?
mas petugas: Jam 9 mas, ditunggu dulu saja.

Wah, ternyata masih sekitar satu jam setengah lagi. Saya lihat jam di handphone masih jam setengah 8. Ya sudahlah saya tunggu. Sekitar setengah jam kemudian mulai bermunculan orang-orang yang sepertinya juga punya tujuan yang sama dengan saya. Sambil nunggu pukul 09 tiba, saya ngobrol-ngobrol sedikit dengan mereka. Lalu sekitar pukul setengah sembilan ternyata loket sudah dibuka, langsung saja saya mengambil nomor antrian, mungkin karena kursi antrian sudah nampak beberapa orang. Kebetulan saya mendapat no. urut 4, tak lama kemudian peserta mulai dipanggil satu persatu, tidak perlu waktu lama untuk saya menunggu setelah loket dibuka langsung saya mendapat panggilan. Pada saat masuk keruang pengambilan barang bukti tilang, saya ditanya-tanya dulu sebentar:

pak petugas: Betul ini STNK nya, mas?
saya: Betul, pak
pak petugas: Ditilang kenapa?
saya: gak nyalain lampu sepeda motor, pak.
pak petugas: Oo.. tapi sim punya?
saya: sebetulnya waktu saya kena tilang saya baru pulang tes bikin sim, pak. Tapi waktu itu sim saya belum jadi karena belum lolos.
pak petugas: Oo gitu, sekarang tapi udah punya?
saya: alhamdulillah sudah, pak.
pak petugas: Oo bagus. Totalnya jadi Rp. sekian (maf nominal tidak saya sebutkan, yg pasti tidak mahal). Ini STNK nya, diliat lagi jangan sampe salah ambil.
saya: Ok, pak sudah betul. Terimakasih, pak.

Ternyata cukup cepat prosesnya dan petugas nya juga cukup ramah. Entah mungkin karena masih pagi, masih belum banyak antrian dan udara masih adem ya hehe. O ya, jangan lupa siapkan uang cash untuk nebus barang bukti tilangnya ya.

Nah itu saja, kalo memang sedang tidak ada halangan lebih baik ikut sidang untuk nambah-nambah ilmu dan pengalaman. Tidak usah pake calo-caloan dah, usaha dulu sendiri lebih baik, pengalaman dapat, ilmu dapat, barang bukti tilang (STNK) juga dapet, biayanya juga gak mahal (tergantung kasusnya). Kalo pake calo bisa berkali-kali lipat sob (katanya, belum pernah juga soalnya 😀 ).

39 Replies to “Mengambil STNK yang ditahan jika tidak ikut sidang karena tilang”

  1. Wah kak pas banget aku kena tilang di cibinong depan ccm wkwkwk. Aku kena slip biru kira2 bisa gak ya ambil stnk nya sebelum hari h sidang?

  2. Mas saya ingin tanya kebetulan saya dicibinong juga kena tilangnya. Tapi surat tilang hilang,dan sekitar kurang lebih 3 bulan baru ketemu. Apakah saya kena denda yg besar&dan apakah stnk saya masih ada disana? Tlg dibales ya mas

    1. Untuk perihal itu saya kurang mengetahui, seharusnya jika hilang, langsung datang ke kantor polisi yang mengurusi tilang, ungkapkan yang sebenarnya hehe

  3. Maaf, bukanya sidang d PN, jika tidak datang/d ambil saat sidang maka berkas akan d limpahkan dan di simpan di kejari, bukan di kembalikan ke polres.

    1. Mau tanya mas mohon dijawab

      Nama saya wilman mas saya ditilang dipuncak jg kabupaten Bogor, saya ditilang tanggal 11 februari 2018 sidangnya 11 maret 2018 terus sampe sekarang blm saya tebus mas stnk nya yg ditilang mah temen saya mas karena dia yg bawa motornya tapi motornya punya saya. Motor saya jg pajaknya mati mas. Saya dan temen saya blm punya sim karena masih pelajar SMA.Saya berniat abis lebaran mau nebus tuh stnk mas. Dan saya pernah dapet sms dari pihak e-tilang disuruh bayar denda 250rb via bank BRI tetapi tidak saya hiraukan sampe sekarang saya blm bayar denda itu kayaknya kemahalan. Saya ditilang karena tidak punya sim doang

      Pertanyaan saya :
      Saya nebus stnk saya dimana ya? Terus pajak yg mati itu nanti disuruh bayar pajak ga? Saya kena marah pak polisi ga? Apa bener nanti bayarnya 250rb jg? Apa boleh diwakilkan? Apakah kena sanksi karena udh lewat 3 bulan lebih?

      Terima kasih mohon pencerahannya mas 🙂

      1. Saya coba bantu jawab sepengetahuan saya ya.

        Saya nebus stnk saya dimana ya?
        >> Datang ke polrse pemda, tanya saja bagian tilang dimana. Kalua ditawari calo jangan mau

        Terus pajak yg mati itu nanti disuruh bayar pajak ga?
        >> Saya kurang tahu, tapi harusnya urusannya dengan bagian pajak

        Saya kena marah pak polisi ga?
        >> Tergantung kondisi, polisi ngga akan marah kalau kitanya ngga nyolot

        Apa bener nanti bayarnya 250rb jg?
        >> Bisa iya, bisa juga ngga. Siapin aja uang lebih.

        Apa boleh diwakilkan?
        >> Setahu saya bisa, jangan lupa bawa surat bukti tilangnya.

        Apakah kena sanksi karena udh lewat 3 bulan lebih?
        >> Ngga tahu kalau yang ini hehe

  4. Maaf mas,lha kalo telat nya 4 hari setelah sidang..ketilang gara2 nggak punya SIM.gimana mas,bayarnya tmbah mahal nggak soalnya saya masih anak sekolah.
    Tolong info.nya

    1. Langsung datang saja ke polres bagian tilang, biasanya seminggu setelah sidang (pengalaman saya). Mahal atau ngga bayarnya, itu tergantung dari pihak disana hehe

  5. Mas mau nanya, saya ketilang didaerah puncak kebetulan sidangnya tgl 29 september 2017 di pengadilan negri cibinong. Dan sampai sekarang belum saya ambil stnk nya, berarti sudah lewat 2 bulan. Kira kira stnk saya ada dimana ya mas?

  6. Saya kena tilang tadi pagi didramaga kejadiannya seperti ini :
    Saya tidak pake helm tiba2 polisi polres dibelakang menggunakan motor polisi mepet saya dan akhirnya saya suruh turun dipinggir jalan polisi tersebut meminta surat motor saya berikan baru mau nanya polisi tersebut langsung jalan ..
    Saya blm sempat nanya karna saya blm dikasih surat tilang itu saya harus gimana ? Yg tahu tolong minta jawab ya

    1. Wah bisa begitu ya, coba tanya ke polres terdekat terus cari tahu polisinya, soalnya setahu saya harus ada bukti surat tilang nya kalau mau sidang/ngambil barang bukti tilang

  7. Artikel yg bermanfaat 🙂
    Saya juga kena tilang dapet jadwal sidang 2 feb 2018 di pemda cibinong, karena sudah lewat sidang kira2 diambilnya dimana ya mas?

    1. Pengalaman saya dulu tidak ikut sidang karena ada halangan, seminggu kemudian setelah jadwal sidang saya ambil di polres cibinong, masih sekitaran area ujian sim, tanya saja bagian tilang dimana. Entah sudah beda atau tidak kalau sekarang.

  8. Sya kena tilang di daerah bubulak ngambil dipôles bogor itu daerah mana y’a Sabtu buka gak ya ,Karena slip biru kưnâp brapa ya

  9. Ms numpang nny donk sy kena tilang klo gk ikut sidang msih bsa gk dan ngmbilny dmna kena tilang di jatibrang brebes tolong infony donk ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.