Bagaimana Cara Optimasi WordPress Supaya Kencang? coba dua plugin ini!

Halo sobat, ingin tahu bagaimana cara membuat website wordpress jadi kencang alias ngacir? simak tips cara optimasi wordpress menjadi cepat versi ndgblog berikut ini.

Cara membuat wordpress menjadi cepat yang akan saya berikan adalah sangat sederhana, yaitu menggunakan dua buah plugin free. Namun terdapat plus minus dalam cara yang saya akan sampaikan, mari simak.

1. Plugin WP Fastest Cache
optimasi wordpress supaya kencang
Plugin pertama adalah WPFC (WP Fastest Cache), plugin ini berfungsi sebagai caching plugin. Jadi plugin tersebut akan melakukan cache sehingga ketika pengunjung mengakses website kita akan terasa lebih cepat karena pengunjung tersebut diberikan website hasil caching dari WP Fastest Cache. Plugin WPFC ada dua versi yaitu free dan premium, namun berdasarkan hasil percobaan saya, versi free sudah cukup, namun jika ingin fitur lebih tidak ada salahnya mencoba versi premium.

Halaman Plugin, https://wordpress.org/plugins/wp-fastest-cache/

2. Plugin Turbolinks
Turbolinks,membuat wordpress kencang
Sesuai dengan deskripsi plugin ini “Speed up your site with Turbolinks”, berdasarkan hasil percobaan saya, plugin Turbolinks memberikan efek yang luar biasa untuk kecepatan website wordpress kita. Namun, terdapat suatu keanehan pada plugin ini, pada beberapa theme wordpress terjadi suatu keanehan seperti pada fitur menu Dropdown yang terkadang tidak bekerja, dan ternyata setelah saya searching dan bertanya ke forum-forum, pada turbolinks ini terdapat istilah “Unexpected Behavior”, maksudnya sering terjadi masalah yang tidak terduga. Detail tentang unexpected bevahior turbolinks sobat bisa cari sendiri via google.

Halaman Plugin, https://wordpress.org/plugins/turbolinks/

Dari kedua plugin tersebut, saya menggunakan keduanya pada website ndgblog.com ini, dan hasilnya cukup memuaskan. Namun pastikan kembali jika sobat menggunakn plugin Turbolinks cek apakah terdapat fungsi tertentu pada website yang mengalami keanehan, jika ya kemungkinan tema tersebut tidak compatible dengan plugin turbolinks.

Sekian, itulah optimasi WordPress Supaya Kencang versi ndgblog . Selamat berexperimen!

[UPDATE] Pada blog ini saya sudah tidak menggunkan plugin Turbolinks karena banyak terjadi keanehan atau Unexpected Behavior

2 Replies to “Bagaimana Cara Optimasi WordPress Supaya Kencang? coba dua plugin ini!”

  1. Sepertinya menarik kedua plugin tersebut Mas buat bikin si WP kenceng.

    Berhubung taunya WP Super Cache, yah pakai itu saja……

    Bedanya apa Mas dgn WP Super Cache?

    Thanks….

    1. WP Super Cache & WP Fastest Cache jika saya lihat memiliki fungsi yang sama, caching static html dan minify. Tapi setelah saya mencoba keduanya, saya saat ini memilih wp fastest cache. Selera saja mungkin hehe

      Dan untuk turbolinks sendiri dari sumbernya yaitu agar laman web tidak di load full secara berulang, lebih detailnya disini https://github.com/turbolinks/turbolinks

      Di blog ini saya menggunakan wp fastest cache & turbolinks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *