Review sepatu cleat sepeda SSR

Alhamdulillah, kali ini saya akan share tentang pengalaman saya menggunakan sepatu cleat sepeda mtb merk SSR. Sebelumnya saya juga telah posting karena bisa membeli sepatu sepeda cleat murah meriah merk SSR ini, read : Akhirnya kebeli juga sepatu Cleat MTB, Murmer !!! .

Disclaimer :

Pada tulisan ini saya tidak bermaksud untuk menjelekan suatu produk apapun, melainkan hanya sekedar memberikan ulasan mengenai pengalaman pribadi saat menggunakan suatu produk yang mudah-mudahan bisa memberikan nilai positif baik bagi produsen ataupun konsumen.

Alkisah :
Setelah sekitar satu hari pemakaian saya menggunakan sepatu SSR, saya merasa senang karena sepatu ini cukup nyaman digunakan hehe. Namun, memang disini harga yang berbicara, harga sepatu sepeda SSR ini bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan sepatu sepeda merk lainnya, namun harapan saya walaupun harganya murah tapi kualitas nya tidak murahan, ternyata memang harga disini yang bermain. Setelah saya coba sepatu SSR ini, lapisan bawah sepatu yang seperti karet sangat mudah retak alias muruhmuy atau rontok, bahkan baru saya coba gowes sebentar saja sudah pada copot karetnya, jelasnya seperti gambar dibawah ini :

review sepatu sepeda ssr

review sepatu sepeda ssr

Dan hal yang paling tidak saya sangka-sangka adalah kualitas perekatan/pengeleman yang menurut saya pribadi sangat tidak baik, sangat ringkih. Kebetulan saat itu saya terjatuh didepan rumah saat mencoba bersepeda menggunakan sepatu ini, hasilnya… lapisan sepatu bagian bawah langsung copot. Disatu sisi itu kesalahan saya karena terjatuh saat menggunakan sepatu cleat ini, namun saya kira jika proses perekatannya baik tidak akan sampai copot, karena pemakain satu hari pun belum. Penampakannya seperti gambar dibawah ini :

review sepatu sepeda SSR

review sepatu cleat sepeda SSR

Dari situ saya sedikit berpikir, kenapa ringkih sekali untuk ukuran sepatu sepeda seperti ini? baru pertama kali saya mengalami sepatu hingga lapisan bawahnya copot. Tidak kebayang jika seandainya saya menggunakan sepatu ini saat sedang bermain offroad, bisa repot urusannya.

Solusi:
Sebagai solusi dari masalah ini, karena sepatu ini baru saja saya beli, sayang jika didiamkan begitu saja. Saya akan coba bawa ke bengkel sepatu atau shoe care terdekat. Mudah-mudahan bisa di recovery hingga menjadi lebih baik. Nanti saya update kembali melalui blog ini.

Update 1 , setelah saya coba bawa ke bengkel sepatu, dari bengkel sepatu tidak menyanggupi untuk mensol sepatu ini, karena bagian bawah sepatu terbuat dari seperti plastik yang cukup tebal sehingga menurutnya sulit ditembus jarum sol, akhirnya oleh pihak bengkel sepatu hanya dilem ulang saja menggunakan lem aibon. Entah bisa bertahan berapa lama hehe. Mungkin memang sudah waktunya saya beli sepatu sepeda baru lagi.

Update 2 , berhubung saya sedang tidak ada duit untuk beli sepatu cleat baru hehe, jadi saya coba akali sepatu ini dengan cara mengelemnya dengan lem yang biasa orang-orang sebut ‘Lem Korea’ yang harganya sekitar 5000an, saya beli lem korea tersebut di tempat photocopy , untuk hasilnya cukup bagus. Tapi entah bisa tahan berapa lama, mudah-mudahan bisa tahan lama nempelnya. Berikut penampakannya setelah di lem menggunakan lem korea.

sepatu cleat lem korea
Lem korea tampak telah mengering
sepatu cleat lem korea agar kuat
Pinggiran sepatu terlihat lem korea yang telah mengering

 

Kesimpulan :
Alangkah sangat baiknya jika membuat suatu produk yang murah namun dengan kualitas yang lebih baik. Saya bisa maklumi dari sisi harga yang murah dan saya sudah pahami resikonya. Jika diberi nilai 1 sampai 5, untuk sepatu SSR ini saya beri nilai 2. Namun ini hanya pengalaman pemakaian saya secara pribadi, entah apakah orang selain saya yang menggunakan sepatu ini mengalami hal yang sama atau tidak, silahkan isi form komentar dibawah artikel ini jika memiliki pengalaman tentang sepatu SSR.

Untuk produsen, jika kebetulan membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa diperbaiki kualitas sepatu SSR nya sehingga konsumen tidak merasa kecewa. Murah bukan berarti harus murahan bukan? jika kualitasnya lebih baik saya yakin sepatu ini pasti laku berat walaupun mungkin dari sisi harga akan lebih naik.

Sekian, mudah-mudahan ada manfaatnya.

3 Replies to “Review sepatu cleat sepeda SSR”

  1. kata orang “ada harga ada rupa ya”
    emang harga sepatu cleat ini gile2 ya,
    dari sisi lain padahal bisa jadi peluang ya, bagi produsen sepatu lokal untuk buat sepat cleat sepeda ,, harganya di bawah merek2 top tapi kuaitasnya ngga malu maluin … ya mudah2-an aja .. 🙂

  2. Saya pake sepatu cleat diadora, beli online awal tahun 2013 seharga 430.000. Setiap hari dipake selama 3 tahun pada track xc, klimaksnya selama tahun 2016 saja menempuh perjalanan 15.000 km dengan sepeda thrill dan sepatu diadora, betapa sepatu ini tahan banting. Akhirnya saya punya sepeda hybrid awal tahun 2107. Aneh saya kecanduan sepeda hybrid, sehingga gak pernah lagi pake sepeda thrill dan sepatu cleat diadora.
    Awal tahun 2018 saya memindahkan pedal cleat dari Thrill ke Heist dan memakai kembali sepatu cleat, mungkin karena setahun gak dipake, sekali dipake sol sepatunya lagsung rontok, muruhmuy. Sekarang lagi googling nyari tukang repair sepatu, dan nemu situs ini. Kenapa harus repair? susah sekali nyari sepatu cleat ukuran 41 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *