Tips menghadapi sidang skripsi supaya lancar

tips lancar sidang skripsi,tips skripsi,rasanya wisuda,tips sidang,revisi skripsi

Alhamduillah, kali ini saya ingin share tentang pengalaman saya menghadapi sidang skripsi, ya sekali lagi Skripsi #Ngerriii. Ini adalah pengalaman pribadi saya, jadi saya akan share berdasarkan pengalaman pribadi saja bagaimana tips menghadapi sidang skripsi supaya lancar, sebenarnya saya sendiri gak lancar-lancar amat sih hahaha.

Oke, sebelum lanjut baca alangkah baiknya siapkan cemilan biar santai haha

1. Pengajuan dan sidang proposal judul skripsi
Dikampus tempat saya ngampus, proposal judul skripsi adalah tahap awal sebelum memasuki sidang skripsi. Jadi sebelum sidang skripsi akan ada sidang pengajuan judul skripsi apa yang akan kita ambil dan disetujui apa tidak oleh penguji. Nah, pastikan pada tahap awal ini judul skripsi sudah disetujui, karena kalau tidak ya mau bikin skripsi apa? hahaha. Jadi pastikan tahap ini lancar dulu. Oke, jika sudah acc judul skripsinya, kita lanjut ke poin 2 dibawah ini. Good Job!

2. Bimbingan skripsi
Setelah proposal judul skripsi yang kita ajukan disetujui, mulailah kita menyusun skripsi. Selama proses pembuatan skripsi ini biasanya ada proses bimbingan. Pastikan bimbingan ini dilakukan dengan baik pada setiap BAB nya, ya betul BAB bukan Be A Be. Dalam proses bimbingan ini biasanya bakal banyak coretan dan tentunya perlu direvisi, mulai dari BAB I sd/ BAB V pastikan lakukan revisi dengan baik. O ya, kadang ada tulisan dosen pembimbing yang kaya dokter tulisannya, gak kebaca menurut saya, jadi kalau bisa tanyakan yang jelas sebelum kamu pusing menerjemahkan tulisannya hahaha. Bimbingan skripsi ini biasanya diberi waktu beberapa bulan, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Nah, setelah bimbingan skripsi mencapai batas waktunya, pastikan sudah mendapatkan ACC (A Se Se / disetujui) untuk mengikuti Pra Sidang. Entah Pra Sidang ini hanya ada dikampus tempat saya ngampus atau dikampus lain pun sama hehehe. Jika memang ditempat sobat tidak ada yang namanya Pra Sidang, ya diabaikan saja bagian ini 😀 . Next ke poin 3 dibawah ini, makin tegang nih hahaha

3. Pra Sidang Skripsi
Pra sidang ini bisa dibilang seperti uji coba sebelum sidang skripsi yang sebenarnya. Pada saat pra sidang skripsi ini akan ada revisi-revisi lagi, karena biasanya dosen yang menguji pra sidang akan berbeda dengan doses yang membimbing penulisan skripsi pada poin 2 diatas, walaupun menurut dosen pembimbing pada poin 2 skripsi yang kita buat sudah OK dan ACC, tapi menurut dosen penguji pra sidang belum tentu, jadi..ya selamat menikmati setiap perbedaan pemikiran dari masing-masing penguji dan tentunya selamat menikmati revisi yang seabreg (SE ab rek #Lol). Oke deh, lanjut ke poin 4, udah mulai kepanasan ya? hahaha

4. Bimbingan revisi hasil pra sidang
Hmmm… mantap emang, setelah Pra Sidang selesai, mulailah kembali revisi ini itu hahaha. Pastikan melakukan bimbingan dengan baik, perbaiki semua revisian yang diberikan hingga mendapat ACC untuk Sidang Skripsi tahap akkhir. Tidak banyak yang bisa saya katakan dipoin ini, intinya nikmati saja proses revisi hasil pra sidang ini dengan lapang dada (La Pang Da Da #Pfftfft). Bahkan saya sendiri mulai dari proses bimbingan skripsi pada poin 2 hingga bimbingan revisi hasil pra sidang ini harus bulak-balik menemui dosen yang lokasi kampus nya beda kota, luar biasa memang…sampai-sampai absen ditempat kerja jebol (Je Bool alias hwancur haha) karena sering izin untuk bimbingan, maklum mahasiswa pekerja. Ya, nikmati saja lah. Lanjut ke poin 5, udah mulai kelimpengan ya? #hahaha

5. Sidang Skripsi
Jreng..jreng, inilah yang ditunggu-tunggu. Ya, sidang skripsi, ini adalah sidang terakhir para Mahasiswa yang sudah overdosis revisian hahaha. Untuk sampai ke tahap ini tidak gampang lho… ini menurut saya ya, ngga tau kalau menurut sobat haha. Demi kelancaran proses sidang skripsi yang akan kita lakukan, pastikan semua persyaratan telah terpenuhi, jika memang ada dokumen-dokumen yang harus dikumpulkan, pastikan dikumpulkan tepat waktu. Jangan ngeyel, ini sidang terakhir lho. Jangan sampai setelah terengah-engah melewati poin 1, 2, 3 dan 4 kita tumbang ditahap 5 ini, ahhh…gak keren. Pastikan sebelum berangkat sidang sarapan dulu biar gak lapar dan gak pingsan karena nanti kita bakal diobrak-abrik sama dosen penguji hahaha, persiapkan kepercayaan diri, tenangkan diri jangan tegang dibawa selow aja, dan yang sangat-sangat penting adalah berdo’a kepada Allah SWT bagi yang muslim dan minta restu dari orant tua, percaya atau tidak restu dari orang tua itu sangat mujarab, sudah terbukti! . Pokoknya jangan tegang pada saat sidang dimulai walaupun diteriakin kaya maling sama dosen penguji, ikuti aturan main para dosen penguji, ingat Para Dosen berati yang nguji bukan Satu…hahaha yang sabar ya #Uffftt, jawab setiap pertanyaan yang diajukan sebaik mungkin jangan ngalor ngidul gak jelas, kalau belum tau yang akui saja, biasanya pertanyaannya teoritis #bagianYangBikinUpilKering, terima dengan baik setiap kritik dan saran mereka, bila perlu dicatat. Walaupun dalam hati sobat merasa ijid atau kesel, disenyumin aja hahaha. Dan pada akhirnya tentunya akan ada lagi yang perlu diperbaiki.

Nah, setelah sidang skripsi selesai kita tinggal menunggu pengumuman hasil sidang apakah LULUS atau TIDAK. Jika memang dinyatakan LULUS, ya selamaaaaaaattt berati sobat sudah berhak menambah beberapa huruf dibelakang nama sobat, misalnya Jones Abadi, S.Kom,. Wah hahaha, kalau dinyatakan tidak lulus jangan depresi, pasti ada sebabnya dan tanyakan langsung ke dosen penguji saat itu juga, pasti ada jalan keluarnya. Dan bagi yang sudah dinyatakan lulus, jangan girang dulu..karena biasanya LULUS itu ada lulus dengan revisi wkwkwkwkw, artinya setelah sidang selesai walaupun dinyatakan telah lulus tapi harus tetap merevisi skripsi yang telah kita buat dan harus bimbingan lagi hingga di ACC oleh para dosen yang telah menguji kita pada sidang skripsi #OverOverDosisRevisi, biasanya waktunya 2 minggu untuk revisi tergantung dari kebijakan masing-masing kampus, pastikan waktu 2 minggu tersebut dimanfaatkan dengan baik. Jika revis sudah selesai dan mendapatkan ACC dari masing-masing pembimbing, yang terakhir adalah hardcover skripsi yang sudah dibuat dan selanjutnya adalah WISUDA, ya itu namanya Wi Su Da, kepala kita ditambah toga (To Ga, bukan To Ge), waw… gimana rasanya wisuda? rasakan sendiri saja nanti hahahaha

Karena saya sudah cukup pegel ngetik, langsung saja ke kesimpulan deh hahaha

Kesimpulan
Jadi, tips menghadapi agar sidang skripsi sobat lancar yaitu usahakan poin 1 s/d 4 diatas dilakukan dengan baik sehingga bisa sampai ke poin 5, dan pada poin 5 berjuanglah sebaik dan sekuat mungkin #kayaMauNgapainAja haha.

Ya sudahlah, intinya kalian lulus sebagai sarjana, entah sarjana macam apa hahaha.

14 Replies to “Tips menghadapi sidang skripsi supaya lancar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *