Peralatan/Tool kit yang perlu dibawa saat bersepeda versi ndgblog

Supaya ritual bersepeda bisa dilakukan dengan lancar, ada baiknya kita membawa peralatan sepeda yang sekiranya bermanfaat disaat darurat, misal alat pompa, tambal ban, pembuka ban, kunci L, pemotong rantai dan lainnya. Sekilas mungkin itu terdengar “ribet” ya hehe, tapi manfaat nya akan terasa memang di saat-saat darurat.

Saya misalnya, seorang yang sering mengendarai sepeda untuk “Bike to Work”. Pernah suatu waktu mengalami ban depan tertusuk serpihan besi tajam, akhirnya mau tidak mau perjalanan bersepeda menuju tempat kerja harus dihentikan sementara.

tambal ban bocor sepeda,cara tambal ban sepeda bocor,alat tambal ban sepeda,sahoo

Beruntungnya saat itu saya membawa satu set tool kit perlengkapan P3K (Pertolongan Pertama Penyebab Kerusakan/Kebocoran) hehe, kemudian saya cari tempat yang nyaman untuk melakukan tambal ban sepeda yang bocor tersebut secara mandiri.

Awalnya saya bingung, bagaimana cara menambalnya, karena ini merupakan pengalaman pertama saya menambal ban dalam sepeda secara mandiri. Namun rasa ingin mencoba sudah sangat tinggi, saya coba pahami panduan menambal ban yang tertera pada kertas yang disediakan dalam tools tersebut walaupun hanya berupa gambar singkat. Setelaah ditelaah,..oohh..akhirnya saya dapat memahami maksud dari gambar tersebut 😀

Saat itu adalah pengalaman pertama saya menambal ban sepeda langsung oleh tangan sendiri dengan perlengkapan yang telah saya beli. Ya sekilas memang ribet jika kita mendengar harus membawa perlengkapan ini itu, tapi sekarang sudah banyak yang menjual peralatan repair sepeda dalam satu paket, jadi All In One, misalnya seperti tools sepeda yang saya gunakan. Semuanya sudah dalam satu paket disimpan dalam ukuran tas kecil yang bisa dikaitkan pada frame atau stang sepeda, didalamnya terdiri dari Pompa mini, satu set kunci L + pemotong rantai dan satu lagi kunci apa itu saya lupa namanya hehe, pembuka ban serta alat tambal ban. Peralatan tersebut sudah cukup mewakili disaat-saat darurat. Jadi semuanya bisa dilakukan sendiri, kecuali jika kerusakan memang sangat berat, mau tidak mau harus diserahkan kepada ahlinya 😀

Tool Kit Sepeda :

  • Satu set All In One SAHOO Bike Repair Tools Kit
  • Harga kurang lebih IDR 100rb
  • Dibeli via Bukalapak

tambal ban bocor sepeda,cara tambal ban sepeda bocor,alat tambal ban sepeda,sahoo

tambal ban bocor sepeda,cara tambal ban sepeda bocor,alat tambal ban sepeda,sahoo

tambal ban bocor sepeda,cara tambal ban sepeda bocor,alat tambal ban sepeda,sahoo
Ini yang berfungsi untuk menambal ban dalam

Gowes ke Gunung Bunder, Pasir Reungit Jalur Pendakian Kawah Ratu

Alhamdulillah, pada minggu 16 Juli 2017 saya berkesempatan untuk gowes bersama salah satu sobat gowes saya ke Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Waktu itu kami gowes lewat ciherang kemudian blusukan ke suatu tempat yang tidak kami kenal, yang pasti blusukan ke kebun penduduk sampai mabal ke kebun bambu yang buntu jalannya, kemudian kami keluar di sekitaran jalur ampera, lalu dari sekitaran jalur ampera tersebut kami lanjut gowes menuju Gunung bunder, melewati curug luhur, lalu sampai ke pamijahan, cibatok, dan hingga akhirnya tiba di Gunung Bunder. Jalurnya naik-turun melehoy wkwkwk.

gowes gunung bunder

taman nasional halimun salak gunung bunder kawah ratu

Sebelumnya juga saya pernah ke Gunung bunder untuk melakukan pendakian ke Kawah Ratu, tapi mengendarai sepeda motor (read : Kawah Ratu, Pendakian Jalur Pasir Reungit Gunung Bunder Bogor

Kami gowes sampai ke pintu pendakian Kawah Ratu yaitu Jalur Pasir Reungit – Puncak Salak 1.

kawah ratu bogor

gowes gunung bunder
Sobat goweser sedang bergaya 😀

Saat kami tiba dikawasan pintu pendakian suasana perkemahan sedang sangat ramai, kelihatannya sedang ada kegiatan sekolah.

Kondisi di kawasan gunung bunder ini cukup nyaman, dipenuhi oleh pohon pinus.

gowes ke kawah ratu

gowes gunung bunder kawah ratu

pohon pinus di gunung bunder kawah ratu halimun salak

Namun entah kenapa saya rasa kawasan gunung bunder ini tidak sesejuk seperti saat pertama kali saya kesini. Dan yang pasti, satu hal yang tidak pernah berubah dan justru semakin menjadi-jadi yaitu seperti biasa… banyak yang pacaran wkwkwk.

Untuk jalurnya sendiri yaitu mulai dari pintu masuk hingga ke pintu pendakian pasir reungit bisa dibilang 60% aspal rusak, 40% batu makadam tingkat sedang,. Yang pasti masih gowesable hehe.

O ya, tambahan saja, tidak perlu khawatir disana bakal kekurangan konsumsi karena banyak yang jualan, asalkan ada duit hehe.

Nah, sekian saja. Terimakasih, salam gowes.

Review sepatu cleat sepeda SSR

Alhamdulillah, kali ini saya akan share tentang pengalaman saya menggunakan sepatu cleat sepeda mtb merk SSR. Sebelumnya saya juga telah posting karena bisa membeli sepatu sepeda cleat murah meriah merk SSR ini, read : Akhirnya kebeli juga sepatu Cleat MTB, Murmer !!! .

Disclaimer :

Pada tulisan ini saya tidak bermaksud untuk menjelekan suatu produk apapun, melainkan hanya sekedar memberikan ulasan mengenai pengalaman pribadi saat menggunakan suatu produk yang mudah-mudahan bisa memberikan nilai positif baik bagi produsen ataupun konsumen.

Alkisah :
Setelah sekitar satu hari pemakaian saya menggunakan sepatu SSR, saya merasa senang karena sepatu ini cukup nyaman digunakan hehe. Namun, memang disini harga yang berbicara, harga sepatu sepeda SSR ini bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan sepatu sepeda merk lainnya, namun harapan saya walaupun harganya murah tapi kualitas nya tidak murahan, ternyata memang harga disini yang bermain. Setelah saya coba sepatu SSR ini, lapisan bawah sepatu yang seperti karet sangat mudah retak alias muruhmuy atau rontok, bahkan baru saya coba gowes sebentar saja sudah pada copot karetnya, jelasnya seperti gambar dibawah ini :

review sepatu sepeda ssr

review sepatu sepeda ssr

Dan hal yang paling tidak saya sangka-sangka adalah kualitas perekatan/pengeleman yang menurut saya pribadi sangat tidak baik, sangat ringkih. Kebetulan saat itu saya terjatuh didepan rumah saat mencoba bersepeda menggunakan sepatu ini, hasilnya… lapisan sepatu bagian bawah langsung copot. Disatu sisi itu kesalahan saya karena terjatuh saat menggunakan sepatu cleat ini, namun saya kira jika proses perekatannya baik tidak akan sampai copot, karena pemakain satu hari pun belum. Penampakannya seperti gambar dibawah ini :

review sepatu sepeda SSR

review sepatu cleat sepeda SSR

Dari situ saya sedikit berpikir, kenapa ringkih sekali untuk ukuran sepatu sepeda seperti ini? baru pertama kali saya mengalami sepatu hingga lapisan bawahnya copot. Tidak kebayang jika seandainya saya menggunakan sepatu ini saat sedang bermain offroad, bisa repot urusannya.

Solusi:
Sebagai solusi dari masalah ini, karena sepatu ini baru saja saya beli, sayang jika didiamkan begitu saja. Saya akan coba bawa ke bengkel sepatu atau shoe care terdekat. Mudah-mudahan bisa di recovery hingga menjadi lebih baik. Nanti saya update kembali melalui blog ini.

Update 1 , setelah saya coba bawa ke bengkel sepatu, dari bengkel sepatu tidak menyanggupi untuk mensol sepatu ini, karena bagian bawah sepatu terbuat dari seperti plastik yang cukup tebal sehingga menurutnya sulit ditembus jarum sol, akhirnya oleh pihak bengkel sepatu hanya dilem ulang saja menggunakan lem aibon. Entah bisa bertahan berapa lama hehe. Mungkin memang sudah waktunya saya beli sepatu sepeda baru lagi.

Update 2 , berhubung saya sedang tidak ada duit untuk beli sepatu cleat baru hehe, jadi saya coba akali sepatu ini dengan cara mengelemnya dengan lem yang biasa orang-orang sebut ‘Lem Korea’ yang harganya sekitar 5000an, saya beli lem korea tersebut di tempat photocopy , untuk hasilnya cukup bagus. Tapi entah bisa tahan berapa lama, mudah-mudahan bisa tahan lama nempelnya. Berikut penampakannya setelah di lem menggunakan lem korea.

sepatu cleat lem korea
Lem korea tampak telah mengering
sepatu cleat lem korea agar kuat
Pinggiran sepatu terlihat lem korea yang telah mengering

 

Kesimpulan :
Alangkah sangat baiknya jika membuat suatu produk yang murah namun dengan kualitas yang lebih baik. Saya bisa maklumi dari sisi harga yang murah dan saya sudah pahami resikonya. Jika diberi nilai 1 sampai 5, untuk sepatu SSR ini saya beri nilai 2. Namun ini hanya pengalaman pemakaian saya secara pribadi, entah apakah orang selain saya yang menggunakan sepatu ini mengalami hal yang sama atau tidak, silahkan isi form komentar dibawah artikel ini jika memiliki pengalaman tentang sepatu SSR.

Untuk produsen, jika kebetulan membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa diperbaiki kualitas sepatu SSR nya sehingga konsumen tidak merasa kecewa. Murah bukan berarti harus murahan bukan? jika kualitasnya lebih baik saya yakin sepatu ini pasti laku berat walaupun mungkin dari sisi harga akan lebih naik.

Sekian, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Akhirnya kebeli juga sepatu Cleat MTB, Murmer !!!

Alhamdulillah, tidak terasa ternyata sudah lama saya tidak posting di blog ini, maklum lagi kendor buat nulis hehe. Kali ini saya ingin sedikit nulis saja.

Akhirnya setelah sekian lama saya ingin memiliki sepatu cleat mtb, alhamdulillah ternyata kebeli juga hehe, sepatunya memang bukan merk tersohor, tapi ya… lumayanlah untuk seorang pemula seperti saya, dan yang pasti murah meriah hehe.

Katanya dengan menggunakan sepatu cleat atau clipless ini kayuhan pedal akan lebih efisien, tenaga yang dikeluarkan pada saat mengayuh pedal lebih tersalurkan dengan baik atau tidak terbuang percuma… begitulah kira”, googling atau tanya” saja ke yang lebih ahli untuk lebih jelasnya hehe.

O iya, lupa.. sepatu yang saya beli merk nya adalah SSR bicycle shoes #bukanPromosi, saya beli di toko online Bukalapak #IniJugabukanPromosi dengan harga yang bisa dibilang murah meriah dibandingkan dengan harga sepatu cleat mtb lainnya, yaitu Rp. 375rban . Mungkin harga bisa berubah sewaktu-waktu, silahkan search saja di toko BL sepatu tersebut.

Berikut penampakan sepatu cleat mtb nya, sepatu yang saya gunakan ukuran 42.

sepatu cleat mtb murah ssr

sepatu cleat mtb murah ssr

Sedangkan untuk peforma sepatu nya saya belum bisa tuliskan, karena saat saya posting artikel ini sepatunya baru saja tiba dari kurir, anggaplah baru unboxing gitu, jadi belum saya coba pakai untuk gowes hehe . Insha Allah mudah-mudahan bisa saya update kembali melalui postingan ini mengenai peforma/kualitas sepatu cleat mtb ssr tersebut jika sudah saya coba.

Nah, sekian saja. Wassalam.